Beranda Kesehatan Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Pria

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Pria

123
0
Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

Meskipun cenderung jadi gaya hidup khas urban, ternyata kopi stamina pria dewasa juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh pria. Sayangnya saat ini, tidak hanya pria menyadari keberadaan kopi kuat tahan lama yang sudah banyak beredar di pasaran. Sebelum memutuskan untuk menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari, perhatikan 6 manfaat minum kopi untuk kesehatan pria berikut ini.

Banyak pria yang keberatan untuk mengonsumsi kopi karena takut efeknya yang membuat mata melek, tetapi kenyataannya, manfaat kopi satu ini sangat bermanfaat sebagai peningkat stamina pria dalam menjalani kegiatan sehari-hari asal dikonsumsi di waktu yang tepat, misalnya pukul 2 siang (kopi dapat meningkatkan stamina dalam waktu 8-10 jam).

Di sisi lain, Anda juga harus menghindari penambahan pemanis buatan yang dapat menghilangkan manfaat kopi penambah gairah pria.

Tentunya manfaat kopi tidak hanya sebatas untuk meningkatkan stamina, melainkan untuk menjaga kesehatan. Berikut ini 6 manfaat minum kopi untuk kesehatan pria.

1. Dapat meredakan inflamasi

Tenang dulu, inflamasi yang dimaksud bukan inflamasi yang disebabkan oleh cedera otot ketika pria melakukan olahraga berat, melainkan, inflamasi yang disebabkan oleh turunnya kondisi tubuh pria karena faktor umur. Kafein memiliki manfaat meningkatkan sistem imun tubuh, dan dapat menangkal penyakit berat seperti diabetes tipe 2.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Nature Medicine, kafein dapat menyumbat beberapa reseptor di otak. Oleh karena itulah, kopi dapat membuat seseorang terjaga. Dalam proses penyumbatan ini, kafein pada kopi stamina pria dewasa menangkal jalan masuk molekul yang menyebabkan inflamasi.

2. Menjaga kesehatan mental

Meskipun kopi dapat menjaga kesehatan mental, namun bukan berarti pria harus membuang semua obat-obatan dan menghentikan proses pengobatan yang sedang dijalani.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Eastern Finland, kopi dapat menjaga kesehatan mental dan menjaga ketajaman otak. Penelitian ini melibatkan orang-orang yang diminta untuk minum 3 sampai 5 cangkir kopi setiap hari, dan hasilnya dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer dan dementia di usia senja.

3. Menjaga kesehatan jantung

Semua orang pasti tahu betapa pentingnya kesehatan jantung untuk kesehatan. Namun tidak banyak yang tahu kalau meminum 1 sampai 2 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung ataupun serangan jantung.

Oleh karena itu, pria disarankan untuk mengonsumsi kopi setiap hari. Fakta ini didapatkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang yang mengikutsertakan 76,000 orang.

Hasilnya adalah pria yang minum kopi tanpa pemanis 1 sampai 2 cangkir sehari mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung sampai 38 persen.

Namun, bukan berarti olahraga demi menjaga kesehatan jantung tidak perlu lagi dilakukan. Kopi penambah gairah pria dapat dijadikan tambahan untuk membuat tubuh pria semakin sehat.

4. Menurunkan risiko kematian

Kematian adalah hal yang paling ditakuti oleh hampir setiap manusia di bumi. Dan ternyata, risiko kematian bisa diturunkan dengan rajin mengonsumsi kopi lho.

Pasalnya, menurut penelitian National Institutes of Health yang dilakukan terhadap sekitar 400,000 orang, konsumsi setidaknya secangkir kopi sehari dapat menunda risiko kematian hingga 6 persen.

Sedangkan, konsumsi 2 sampai 3 cangkir kopi atau 6 cangkir sehari dapat menurunkan risiko kematian sampai 10 persen. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu dari 1995 sampai 2008. Jadi, jika ingin mengurangi risiko kematian sampai 12 persen maka konsumsilah kopi sebanyak 4 sampai 5 cangkir sehari.

5. Menangkal diabetes

Seperti yang sudah disampaikan pada poin sebelumnya, kopi juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Peneliti di Harvard telah melakukan investigasi terhadap konsumsi kopi dan diabetes pda lebih dari 40,000 pria.

Para peneliti menemukan fakta bahwa mengonsumsi kopi dalam waktu lama dapat menurunkan risiko pria terkena diabetes dan semakin banyak kopi yang dikonsumsi, maka risikonya pun akan semakin rendah. Jadi, sudahkah Anda minum kopi hari ini?

6. Menghilangkan rasa sakit

Beberapa pria mungkin sering merasakan rasa sakit di beberapa bagian tubuh akibat posisi duduk saat bekerja di kantor, menyetir, berolahraga, dan lain sebagainya.

Meskipun tidak parah, namun rasa sakit seperti ini kerap menjengkelkan dan muncul tiba-tiba. Untuk menghilangkannya, coba rajinlah mengonsumsi kopi.

Para peneliti di Norwegia melakukan penelitian terhadap 48 orang pekerja kantor aktif. Hasilnya, responden yang sering mengonsumsi kopi ketika jam istirahat memiliki level rasa sakit di angka 41, sedangkan mereka yang bukan peminum kpi berada di angka 55. Oleh karena itu, ada baiknya untuk pria mengonsumsi kopi ketika bekerja di kantor, setidaknya ketika jam istirahat. (Red)