Beranda Kesehatan Konsumsi Semangka Usai Olahraga, Ini Manfaatnya

Konsumsi Semangka Usai Olahraga, Ini Manfaatnya

536
0
Ilustrasi - foto istimewa Makassarterkini.id

Air semangka mengandung beragam zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tingginya kadar air dalam semangka diketahui dapat menggantikan cairan tubuh secara cepat. Belum lagi kandungan mineral penting seperti magnesium yang memiliki segudang manfaat, salah satunya meringankan sakit kepala.

Menurut dr. Rio Aditya, semangka bahkan dapat dijadikan sebagai “suplemen” alami yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

“Semangka mengandung Citruline, zat antioksidan yang merupakan bahan baku pembentukan nitric oxide dan keratin. Keduanya berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah serta mempercepat proses pemulihan usai olahraga,” ujar dr. Rio dikutip dari Klikdokter.com.

Tak sekadar itu, ternyata semangka yang dikonsumsi usai olahraga juga bisa mendatangkan beragam manfaat lainnya. Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Mengisi kadar glikogen dalam tubuh

Selama berolahraga, sel-sel otot sangat bergantung pada glikogen sebagai bentuk penyimpanan karbohidrat di otot dan hati. Nah, dengan mengonsumsi semangka setelah berlahraga, maka cadangan glikogen yang habis terkuras akan terisi kembali.

2. Rehidrasi dan mencukupi kebutuhan elektrolit

Selama berolahraga, tubuh kehilangan air melalui keringat dan pernapasan. Memulihkan keseimbangan cairan nyatanya sangat penting untuk sistem tubuh Anda. Tak usah khawatir, kadar air yang tinggi dalam semangka mampu menjadi solusi akan kebutuhan tersebut.

Semangka hadir sebagai penghilang rasa haus alami dan pengganti cairan setelah berolahraga. Terlebih, semangka mengandung elektrolit yang juga penting untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung Anda, lho!

3. Meningkatkan performa fisik

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa partisipan berusia 36–69 yang mengonsumsi 1.500 gram jus semangka setiap hari selama tiga minggu mampu meningkatkan kadar asam amino L-arginin. Zat tersebut berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sendi.

Tak cuma itu, berdasarkan penelitian yang tercantum dalam Journal of Applied Physiology, L-arginin juga meningkatkan toleransi dan kinerja fisik. Hal ini memungkinkan Anda untuk berolahraga secara kuat, namun dengan pengeluaran energi yang lebih efisien.

4. Menstabilkan tekanan darah

Semangka telah terbukti menstabilkan tekanan darah saat Anda beristirahat usai olahraga. Dalam sebuah penelitian 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, kandungan L-citrulline dan L-arginine dalam semangka ampuh meningkatkan fungsi arteri serta menurunkan tekanan darah.

Perlu diketahui bahwa arteri memainkan peran penting dalam pengiriman oksigen selama olahraga. Sehingga, mengonsumsi semangka usai olahraga dapat membuat tubuh Anda lebih stabil dan tidak merasakan efek lelah yang luar biasa.

Cara mengonsumsi semangka yang tepat

Semangka dapat dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk, selama cara pengolahannya benar serta tidak mengurangi esensi nutrisi yang ada. Berdasarkan rekomendasi dr. Rio, Anda dapat menikmati semangka lewat cara penyajian berikut ini:

Jus

Banyaknya jus semangka yang disarankan adalah 500 mililiter dan diminum langsung setelah olahraga atau saat berolahraga. Pastikan Anda tidak menambah gula atau susu ke dalamnya, karena jumlah gula yang ada pada semangka sudah cukup.

Potongan

Jumlah potongan buah semangka yang disarankan untuk mencegah nyeri otot adalah satu mangkuk penuh. Anda dapat mengonsumsi buah semangka potong ini sebelum atau sesudah berolahraga.

Mulai saat ini jangan lagi jadikan minuman berenergi kalengan sebagai pilihan utama untuk mengembalikan performa usai olahraga. Pilihlah semangka yang lebih alami, lebih sehat, dan lebih memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Namun meski semangka mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan tubuh, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya. (Red)