Beranda Kesehatan Manfaat Konsumsi Gula Merah Bagi Tubuh

Manfaat Konsumsi Gula Merah Bagi Tubuh

Ilustrasi - foto istimewa Sajian Sedap

Gula merah atau yang lebih akrab disapa gula aren ini adalah pemanis alami yang terbuat dari nira, yakni cairan pohon kelapa.

Biasanya, gula merah digunakan sebagai pemanis dari berbagai macam masakan, mulai dari jajanan sampai aneka macam rujak-rujakan.

Sampai saat ini, gula merah masih menjadi pilihan utama sebagai alternatif pemanis makanan. Namun, selain memberikan rasa yang manis, tahukah Anda bahwa ternyata gula merah juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian, seperti dikutip dari laman doktersehat.com. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Membersihkan Darah

Gula merah memang tercipta dari bahan alami, sehingga cukup aman dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah bisa membersihkan darah di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan gula merah bisa meningkatkan jumlah hemoglobin secara alami. Selain itu, gula merah juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Melancarkan Haid

Bagi Anda yang memiliki masalah pada siklus menstruasi, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi gula merah secara rutin sebagai solusinya. Sebab, gula merah bisa memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membut siklus normal. Tak hanya itu, gula merah juga bisa meredakan nyeri dank ram saat menstruasi.

3. Mencegah Anemia

Perlu diketahui, gula merah juga sangat kaya akan zat besi dan folat yang sangat ampuh dalam mencegah anemia. Senyawa yang dikandungnya bisa mempertahankan kadar normal sel darah merah. Maka tak heran, jika gula merah sering dijadikan obat alami sebagai pencegah anemia.

4. Kaya Antioksidan

Gula merah juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Buktinya, sampai saat ini banyak yang menggunakan gula merah sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam dengan merebusnya pada air. Untuk lebih nikmat, biasanya dicampurkan lemon sebagai penyedap. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini