Beranda Kesehatan Manfaat Buah Apel dan Kulitnya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Apel dan Kulitnya Bagi Kesehatan Tubuh

264
0
Buah Apel - foto istimewa doktersehat.com

Walaupun jenisnya cukup banyak, buah apel yang ditemukan biasanya berwarna merah dan hijau.

Kandungan buah apel mulai dari kulit hingga dagingnya ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan.

Berikut 10 manfaat dari kandungan buah apel yang berguna bagi kesehatan seperti dikutip dari detik.com.

1. Meningkatkan Daya Ingat

Memakan satu buah apel setiap harinya bisa menghindari demensia atau penyakit yang mengganggu daya ingat hingga cara berbicara.

2. Mencegah Asma

Buah apel mengandung vitamin C dan flavonoids yang merupakan zat antioksidan. Zat ini bisa mencegah serangan asma pada orang dengan faktor risiko yang tinggi.

3. Baik untuk Usus

Kandungan buah apel, yakni probiotik dan prebiotik cocok untuk kesehatan usus. Pasalnya, probiotik adalah bakteri baik yang cocok untuk usus. Sedangkan prebiotik berperan memberikan makanan untuk bakteri tersebut.

4. Menjaga Gula Darah

Gula darah yang tak terkontrol bisa membuat seseorang menderita diabetes. Nah, kandungan fitonutrisi dalam apel bisa membantu tubuh mengatur kadar gula agar tetap stabil.

5. Daya Tahan Tubuh

Baik apel merah dan hijau sama-sama mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga orang yang mengonsumsinya akan kebal dari penyakit.

6. Gusi dan Gigi

Mengunyah buah apel bisa menghilangkan plak yang tersisa. Sebab, apel mengandung zat tanin yang mampu membersihkan sisa plak dan mencegah kerusakan gigi dan gusi.

7. Jantung

Mengonsumsi buah apel bisa menghindari seseorang dari penyakit jantung. Pasalnya, apel mengandung serat dan antioksidan untuk menurunkan kolesterol yang biasa menjadi penyebab penyakit jantung.

8. Kanker

Dengan kandungan flavonoid, pektin dan glukoronat, apel bisa mencegah penyakit kanker, seperti kanker usus, hati, payudara, dan kulit.

9. Tulang

Senyawa anti inflamasi pada tulang dapat membuat tulang semakin sehat. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi apel memiliki tulang yang sehat dibanding yang tidak.

10. Kulit

Berkat antioksidan yang terkandung dalam buah apel, seseorang yang mengonsumsi bisa memiliki kulit yang sehat. Sebab, antioksidan bisa menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah keriput, penuaan dini serta perubahan kulit. (Red)