Beranda Kesehatan Mana Paling Baik, Olahraga Pagi atau Olahraga Malam?

Mana Paling Baik, Olahraga Pagi atau Olahraga Malam?

92
0
Ilustrasi - foto istimewa orami.co.id

Olahraga adalah kunci dari kesehatan. Namun kebanyakan adalah karena masalah waktu. Mereka berpendapat bahwa tidak ada waktu untuk berolahraga karena aktivitas yang padat atau pekerjaan menumpuk. Salah satu siasatnya adalah olahraga pada waktu malam hari. Lantas, olahraga pagi vs olahraga malam manakah yang paling baik untuk kita lakukan ?

Ada sebagian orang yang memilih untuk melakukan olahraga malam karena beralasan pada pagi hari sibuk. Pun sebaliknya, mereka yang melakukan olahraga pada pagi hari beralasan bahwa pada saat malam hari adalah waktu untuk tubuh kita beristirahat. Untuk mengetahui mana yang paling terbaik dilakukan, dibawah ini adalah penjelasan yang bisa anda simak dengan tunas.

Dimulai dengan melihat bagaimana manfaat dari olahraga pagi yang bisa kita dapatkan. Salah seorang professor ilmu Olahraga Terapan Lara Carlson, Ph.D yang berasal dari University of New England mengatakan bahwa olahraga pagi memang memiliki manfaat baik untuk tubuh kita terutama yang ingin menurunkan berat badan dan juga meningkatkan kesehatan. Tidak hanya itu, selain merevitalisasi metabolisme tubuh, olahraga pagi juga bisa membakar kalori dengan lebih banyak. Tekanan darah bisa lancar dan jam tidur pada malam hari bisa lebih stabil.

Olahraga pada pagi hari akan membantu kita mendapat tidur malam yang nyenyak. Hal ini karena pada pagi hari kita sudah mengeluarkan rasa stress yang ada dengan olahraga. Disadari atau tidak, berolahraga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Olahraga pagi hari akan membantu anda dalam membentuk kebiasaan berolahraga dengan lebih konsisten. Namun, disarankan untuk berolahraga dengan melakukan pemanasan yang tepat dan lebih lama karena suhu tubuh kita memang relatif lebih rendah pada pagi hari.

Olahraga pagi vs olahraga malam, kali ini melihat manfaat dari olahraga sore atau malam yang dilakukan. Pada malam hari, mereka yang melakukan olahraga akan meningkatkan aktivitas enzim dan juga fungsi otot. Juga bisa membantu merilekskan tubuh setelah bekerja seharian. Secara teori disebutkan bahwa olahraga pada malam hari bisa lebih efektif untuk melakukan pembentukan otot. Olahraga ini juga bisa membantu seseorang dalam mengatasi masalah tidur seperti insomnia. Asalkan dilakukan dengan benar maka tubuh yang awalnya susah tidur menjadi lebih mudah dan tentunya lebih sehat. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa olahraga ini tidak boleh berlebihan.

Lantas, olahraga pagi vs olahraga malam manakah yang lebih baik dilakukan ? Pertanyaan ini muncul dan perlu dilihat lagi manakah manfaat yang ingin kita dapatkan. Jika ingin lebih cepat menurunkan berat badan maka ada baiknya kita rutin untuk olahraga pada pagi hari dan juga mengimbangi diri dengan diet sehat serta menu yang bergizi.

Sementara untuk olahraga pada malam hari akan lebih cocok bagi mereka yang ingin membentuk otot dan membuat kualitas tidur lebih nyenyak. Ada empat hal yang harus diperhatikan yaitu dimana lokasi, waktu, tipe olahraga dan setting sosial.

Baik pagi maupun malam, olahraga memang tetaplah dibutuhkan. Olahraga pagi vs olahraga malam sama-sama tetaplah baik sesuai dengan manfaat yang ingin anda dapatkan. Jangan lupa untuk tetap mengatur jam dan berapa lama olahraga dilakukan agar tidak berlebihan. (Red)

Sumber : ohayo.co.id

loading...