Beranda Olahraga Malam Ini, Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Iran

Malam Ini, Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Iran

Timnas Indonesia saat uji coba melawan Libya. (IST)

JAKARTA – Timnas Indonesia akan menghadapi Iran dalam laga uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Al Rayyan Training Site, Selasa (9/1/2024) pukul 20.30 WIB.

Duel Garuda menghadapi salah satu tim raksasa Asia ini tidak disiarkan langsung. Pertandingan ini hanya akan digelar secara tertutup.

Timnas Indonesia menatap laga uji coba ini dengan modal kurang baik. Selama menjalani pemusatan latihan di Turki, tim Merah Putih dua kali dihajar Libya.

Pasukan pelatih Shin Tae-yong dibungkamd dengan skor telak 0-4 dalam laga uji coba pertama pada 2 Januari lalu, sebelum tiga hari berselang takluk dengan skor 1-2.

Di sisi lain, Iran telah memainkan satu laga uji coba sebelum berhadapan dengan Timnas Indonesia. Mereka sukses mengalahkan wakil Afrika Burkina Faso dengan skor 2-1 pada 5 Januari.

Pertandingan menghadapi Iran bisa dibilang sebagai ujian berat bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, secara ranking FIFA, kedua tim terpaut sangat jauh.

Iran saat ini menduduki peringkat 21 dunia. Posisi mereka di kawasan Asia cuma kalah dari Jepang yang kini jadi tim terbaik Benua Kuning dengan menduduki peringkat 17 dunia.

Melihat komposisi pemain, Iran juga merupakan tim yang sarat akan kualitas. Beberapa pemainnya saat ini tampil di kancah sepak bola Eropa seperti Mehdi Taremi (Porto), Sardar Azmoun (AS Roma), Karim Ansarifard (Omonia) hingga Mohammad Mohebbi (Rostov).

Timnas Indonesia sendiri telah menggelar latihan perdana sejak mendarat di Qatar pada Minggu (7/1/2024) di Lapangan Al Egla 2, Doha, Qatar.

Sebelumnya, para pemain, tim pelatih dan ofisial Timnas Indonesia meninggalkan Antalya menuju Turki pada Sabtu (6/1/2024) malam melalui jalur udara.

Laga uji coba kontra Iran menjadi kesempatan terakhir Shin Tae-yong untuk memberi anak asuhnya uji coba sekaligus mengevaluasi permainan tim sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.

Timnas Indonesia akan melakoni partai pertama Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari, untuk kemudian menghadapi Vietnam (19/1/2024) dan Jepang (24/1/2024). (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ