Beranda Uncategorized Maksimalkan Pengawasan di TPS, Bawaslu Pakai Siwaslu

Maksimalkan Pengawasan di TPS, Bawaslu Pakai Siwaslu

Aplikasi Siwaslu. (Ali/bantennews)

 

LEBAK – Dalam memaksimalkan penyajian data dan informasi pada perhitungan perolehan suara di TPS pada Pemilu 2019,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak akan menggunakan sistem laporana online yang dinamakan Sistem Pengawasan Pemilu atau Siwaslu. Aplikasi ini akan dipakai pengawas TPS yang menyampaikan langsung terkait laporan setiap tahapan pemilu di TPS.

Ade Jurkoni, Kordinator Diviai Pengawasan Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lebak mengatakan, Siwaslu ini merupakan sistem pelaporan online Bawaslu untuk memberikan kemudahan bagi pengawas  dalam menyajikan data secara cepat dan akurat.

“Ini adalah sistem pelaporan online yang digunakan pengawas TPS dalam memaksimalkan penyajian data dan informasi pada pehitungan perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti dan menyampaikan langsung laporan setiap tahapan pemilu di TPS ke Bawaslu RI,” kata Ade Jurkoni Kepada BantenNews,co.id, Senin (1/4/2019)

Karena sistem ini merupakan aplikasi yang menjadi sumber Pengawas TPS dalam bekerja mengawasi proses penghitungan suara maka setiap Pengawas TPS wajib memiliki aplikasi Siwaslu.

“Ini hukumnya wajib untuk setiap pengawas TPS memiliki aplikasi Siwaslu, dan dapat didowndload di PlayStore,” tutur Ade.

Ade Jurkoni menambahkan, salah satu peran penting pengawas TPS adalah untuk mendokumentasikan C1 Plano hasil penghitungan suara. Selanjutnya akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui aplikasi Siwaslu untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu di TPS ada update laporan pengawasan dan pencegahan.

“Melalui laporan dan data dokumentasi tersebut diharapkan kecurangan pemilu dapat diminimalisir. Termasuk apabila terjadi perubahan data dalam proses pemilu, akan dapat dilakukan dengan membandingan data awal hasil pengawasan PTPS tersebut,” ujar Ade. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini