Beranda Sosial dan Budaya Makanan Khas Baduy Ini Sederhana Tapi Rasanya Nikmat Luar Biasa

Makanan Khas Baduy Ini Sederhana Tapi Rasanya Nikmat Luar Biasa

Masyarakat Baduy Luar membawa hasil bumi. (Mir/BantenNews.co,id)

LEBAK – Baduy mendiami beberapa wilayah di Provinsi Banten dikenal memegang teguh adat istiadat leluhurnya sejak dahulu. Keseharian warga Baduy memang menarik untuk lebih dikenal, termasuk kerajinan tenun dan anyaman tas koja yang istimewa.

Mungkin Anda sering melihat orang Baduy suka menyantap sajian sederhana seperti nasi, ikan asin, dan sambal. Namun, kali ini kita akan mengeksplor beberapa makanan khas Baduy yang perlu Anda ketahui. Berikut seperti melansir suara.com, Minggu (13/3/2022).

1. Angeun Kotok

Makanan ini terbilang sederhana. Kotok adalah ayam yang sudah dibersihkan, terutama bagian perutnya, lalu diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu. Kotok tidak menggunakan ayam kampung atau ayam hutan.

Olahan ayam ini memang makanan istimewa untuk Baduy Dalam. Ayam kotok biasanya dimasak untuk acara tertentu seperti pertemuan keluarga. Ayam yang sudah dibakar, dimasak dengan air santan, potongan tomat, dan bumbu rempah.

Hal yang membuat unik dalam memasak ayam ini adalah perasan batang honje. Tujuannya untuk menambah rasa pada santan dan menghilangkan bau amis pada ayam.

Daging ayamnya empuk dan gurih dengan racikan bumbu yang menggoyang lidah. Aroma ayam bakarnya juga terasa nikmat ditambah nasi hangat di atas daun pisang sebagai alasnya.

2. Sayur Batang Pisang

Suku Baduy yang biasa berladang, memanfaatkan batang pisang muda sebagai makanan sayur olahan yang nikmat. Makanan khas Baduy ini biasanya disantap bersama keluarga dengan lauk pendamping lainnya.

Cara mengolahnya pun cukup mudah. Haluskan bumbu rempah dan gula merah. Kuah air santan lalu dimasak dengan mencampurkan bumbu rempah yang dihaluskan. Masukkan potongan batang pisang yang sudah dibersihkan.

3. Nasi Putih Petai Rebus

Makanan khas Baduy memang dikenal sederhana, termasuk nasi putih petai rebus. Nasi putih suku Baduy memiliki tekstur agak keras atau pera dan memang punya cita rasa unik karena padi ditanam di ladang dan bukan di sawah seperti pada umumnya.

Petai merupakan tanaman yang mudah ditemukan di halaman rumah orang Baduy. Tak hanya petai rebus, ada aneka sayur dan lauk pendamping lainnya, seperti sayur asem, tahu goreng, ikan asin, dan sambal terasi.

Itulah beberapa makanan khas Baduy yang memiliki cita rasa nikmat dan menjunjung kesederhanaan. Sudah pernah coba yang mana?

(Red)