Beranda Kesehatan Makanan Ini Ternyata Lebih Sehat kalau Dimakan Mentah

Makanan Ini Ternyata Lebih Sehat kalau Dimakan Mentah

150
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Hampir semua makanan memang harus dimasak dulu sebelum dimakan. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang justru akan lebih sehat jika tidak dimasak dulu alias mentah, lho.

Salah satunya bisa menyalurkan nutrisi secara maksimal ketika dimakan mentah. Berikut seperti dilansir IDN Times.

1. Kelapa

Baca Juga :
loading...

Kelapa terkenal dengan kandungan elektrolit tinggi yang baik untuk mencegah dehidrasi. Tidak perlu dimasak, kelapa justru lebih sehat dimakan atau diminum dalam keadaan mentah, karena nutrisi di dalamnya akan bekerja secara maksimal.

2. Apel

Sebagian besar nutrisi dan mineral dalam apel akan hilang saat dimasak. Selain itu, apel yang dimasak akan meningkatkan kadar gula dan karbohidrat yang pastinya lebih banyak.

3. Brokoli

Sayuran yang kaya vitamin C dan kalsium ini mengandung sulforaphane yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, memasak brokoli bisa menghilangkan kandungan sulforaphanenya hingga 70 persen. Itulah sebabnya brokoli akan lebih baik jika dimakan dalam keadaan mentah.

4. Paprika

Paprika memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, jika kamu memasak paprika dengan suhu di atas 375 derajat fahrenheit, maka kandungan vitamin C di dalamnya akan hilang. Kandungan gizi seperti vitamin B6 dan E-nya juga akan berkurang.

5. Jambu merah

Kandungan antioksidan tinggi dalam jambu merah dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi ancaman radikal bebas. Selain itu, jambu merah juga mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Semua kandungan nutrisi tersebut akan hilang jika dimasak. Jadi pastikan kamu hanya memakannya dalam keadaan mentah, ya!

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung zat besi, magnesium, dan lemak sehat yang bisa membantu program diet sehat. Sebaiknya, kamu memakan kacang-kacangan ini dalam keadaan mentah, seperti kacang almond atau mete. Tidak perlu memasaknya, memakannya secara mentah justru membuatmu mendapat nutrisi yang maksimal.

7. Taoge

Taoge memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayuran yang biasanya ditumis sebelum dimakan ini ternyata jauh lebih sehat jika dimakan secara mentah. Kandungan protein yang tinggi dalam taoge bagus untuk pembentukan otot.

Selain itu, vitamin C di dalamnya bisa menjaga sistem imun tubuh, supaya gak gampang sakit. Nah, nutrisi tersebut tidak akan bekerja maksimal jika dimasak.

Dari tujuh makanan di atas, kamu lebih suka memakan mentah atau setelah diolah nih? Share pengalamanmu di kolom komentar ya! (Red)

loading...