Beranda Gaya Hidup Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Malam Hari

Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Malam Hari

Ilustrasi - foto istimewa babyologist.com

Anda menginginkan makanan yang sehat, tapi tak ingin juga disuguhkan oleh kadar gula dan yodium yang berlebih, yang bisa mengganggu tidur di malam hari.

Malam adalah waktu ketika otot dan jaringan mulai bekerja dan memperbaiki diri dari aktivitas selama sehari penuh. Makanan yang mampu merangsang rasa kantuk perlu jadi pilihan. Ingin tahu apa saja? Berikut melansir ayobandung.com, makanan sehat untuk malam hari.

1. Sayuran hijau

Tahukah Anda bahwa kalsium membantu tubuh menggunakan triptofan untuk membangun melatonin? Untuk diketahui, melatonin adalah hormon yang membantu membangun rangsangan tidur secara alami. Nah, sayuran hijau seperti bayam, kale, dan sawi memberikan sejumlah besar kandungan yang dibutuhkan ini.

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki manfaat lebih dari sekadar sereal untuk sarapan pagi. Oat adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk tubuh, yang mampu menimbulkan rasa kenyang hingga Anda tak perlu lagi merasa takut lapar di larut malam.

Tak hanya itu, oatmeal juga memberi Anda tidur yang nyenyak karena kombinasi karbohidrat kompleks dan protein di dalamnya yang menghasilkan serotonin, hormon perangsang produksi melatonin.

3. Ikan atau makanan laut

Mengonsumsi delapan ons ikan atau makanan laut lainnya setiap pekan di malam hari adalah cara terbaik. Ikan merupakan sumber vitamin B6 dan sejumlah nutrisi lain yang membantu tubuh memproduksi melatonin. Beberapa ikan yang mengandung vitamin B6 ini di antaranya salmon dan tuna.

3. Pisang

Dapatkan kandungan potasium dan magnesium dalam pisang. Mengonsumsi pisang sebelum tidur dapat merangsang rasa kantuk dan membantu relaksasi otot. Beberapa penelitian mencatat bahwa magnesium yang terkandung dalam pisang berdampak positif pada kualitas tidur orang dewasa, khususnya mereka yang bermasalah dengan insomnia.

Selain itu, pisang juga memberikan efek menenangkan, merangsang tidur, melawan kecemasan, dan membantu membakar lemak tubuh.

4. Almond

Almond adalah makanan terbaik dengan kandungan magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk menenangkan tubuh dan melemaskan otot-otot Anda. Selain itu, kalsium juga memainkan peran penting dengan membantu otak mengubah triptofan menjadi melatonin si hormon rasa kantuk. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini