Beranda Kesehatan Makan Buah dan Sayur Bisa Tangkal Dampak Polusi Udara pada Tubuh

Makan Buah dan Sayur Bisa Tangkal Dampak Polusi Udara pada Tubuh

421
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

Polusi udara bisa berdampak buruk bagi tubuh. Senyawa kandungannya dapat menimbulkan gangguan pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan gangguan saluran pernapasan. Tidak hanya itu, dalam jangka panjang udara tak sehat juga dapat menimbulkan kanker paru. Pola hidup bersih dan sehat menjadi anjuran dokter untuk menangkal radikal bebas berbahaya.

“Pembiasaan pola hidup bersih dan sehat merupakan faktor dominan yang bisa kita lakukan. Dimulai dari lingkungan terkecil kita keluarga,” jelas dr Yeni Purnamasari dari Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia seperti dilansir detik.com.

Pembiasaan pola hidup bersih dan sehat dapat dimulai dari hal yang paling mendasar seperti rajin mencuci tangan untuk menjaga kebersihan, menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan, dan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah dan sayur.

“Kita bisa mulai dari rajin cuci tangan, lalu penggunaan masker yang disarankan itu N95, kemudian dengan perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur,” terang dr Yeni.

dr Yeni menyarankan agar pola hidup bersih dan sehat menjadi sebuah pembiasaan sejak dini, bukan hanya karena kualitas udara ibukota yang kian memburuk.

(Red)