Beranda Pendidikan Mahasiswa yang Aktif Menggeluti Aktivitas Ini Saat Kuliah Dipercaya Cepat Kerja

Mahasiswa yang Aktif Menggeluti Aktivitas Ini Saat Kuliah Dipercaya Cepat Kerja

114
0
Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Apakah kamu sudah memikirkan pekerjaan apa dan perusahaan mana yang menjadi tempat kerjamu nanti? Mumpung masih ada waktu kuliah sebelum jadi fresh graduate, yuk maksimalkan lagi eksistensimu sebagai mahasiswa yang terkenal pantang menyerah menggunakan waktu disamping menimba ilmu.

Mulailah aktif dengan 5 kebiasaan berikut ini yang bisa sukseskan kamu diterima kerja. Apa saja sih kira-kira, berikut seperti dilansir IDN Times.

1. Aktif tulis makalah dan LPJ

Perusahaan manapun mengenal istilah pembukuan atau pengarsipan laporan-laporan dkk, beruntunglah kamu yang sedari kuliah semester awal hingga akhir selalu mengerjakan makalah atau paper dengan sungguh-sungguh. Kamu terbiasa selalu memperhatikan dengan detail gaya penulisan yang rapih dan pencantuman literatur yang terpercaya.

Lalu, jika kamu anak organisasi yang terbiasa menulis laporan-laporan organisasi dalam bentuk apa pun, maka kamu semakin beruntung lagi. Pasalnya dengan begitu kemampuanmu dalam menulis sudah tak diragukan lagi. Yuk asah dari sekarang jangan tunggu ketika waktunya mencari kerja.

2. Aktif presentasi

Kemampuan dalam public speaking yang baik akan sukses membantumu mempresentasikan dirimu dengan baik pada saat interview kerja. Dengan begitu interviewer mudah mengerti dan memahami siapakah dirimu atau sosok seperti apakah dirimu dalam pekerjaan yang kamu inginkan diperusahaan mereka.

Oleh karena itu, jangan sepelekan tugas presentasi baik kelompok maupun individu saat kuliah atau saat di organisasi. Karena hal itu menjadi kunci suksesmu dalam mendapatkan pekerjaan, yuk perbaiki public speaking-mu lewat kebiasaan aktif prensentasi dari sekarang.

3. Aktif kepanitiaan

Banyak perusahaan yang mencari anggota atau staf baru yang justru sudah berpengalaman baik dalam pekerjaan, acara atau kegiatan apa pun sebelumnya. Alasannya, karena dalam perusahaan selalu mengenal yang namanya inovasi, kreativitas pekerja maupun solusi untuk menjadikan perusahaan berkembang, maju hingga bisa bertahan lama.

Nah, keaktifan dalam banyak kepanitiaan di acara atau kegiatan baik dalam maupun luar kampus akan menjadikanmu berpengalaman dan berwawasan luas. Pastinya kamu sudah paham, untuk membuat suatu acara yang bagus, menarik bahkan spektakuler kreativitas, inovasi hingga solusi paling dibutuhkan. Jadi, jangan sampai kamu hanya menjadi ‘mahasiswa kupu-kupu’ ya.

4. Aktif UKM

Perusahaan tertarik dengan orang yang multitalenta atau memiliki bakat tidak hanya di satu bidang. Berkaitan dengan poin sebelumnya, staf yang kreatif tentunya dibutuhkan dalam perusahaan. Menjadi mahasiswa aktif mengikuti UKM atau Unit Kegiataan Mahasiswa, seperti musik, nyanyi, teater dkk merupakan wujud dari betapa multitalentanya dirimu.

Keuntungan lainnya, kamu dapat mengasah kemampuan dan mengeksplorasi diri serta fleksibel dan bisa sebaliknya karena kamu terbiasa dengan kegiatan UKM selain kuliah sehingga kamu bisa memanajemen waktu. Ingat hal itu poin plus yang bisa kamu gunakan ketika melamar pekerjaan.

5. Aktif bahasa Inggris

Saat ini, bahasa Inggris menjadi persyaratan utama di banyak perusahaan, tujuannya untuk menaikkan citra perusahaan di mata masyarakat dan investor maupun klien mereka. Bahkan sering kali beberapa seminar yang diadakan maupun yang diikuti perusahaan bertaraf internasional sehingga kebutuhan akan stafnya yang ahli dalam bahasa Inggris menjadi prioritas utama.

Jika kamu menyukai bahasa Inggris dan ingin meningkatkannya lagi hingga level expert patut di acungi jempol, karena bisa jadi suatu saat nanti kamu akan mendapatkan karier internasional jika kemampuan berbahasa Inggrismu sangat baik. (Red)