Beranda Pendidikan Mahasiswa Untirta Ikuti Jalur Rempah 2018

Mahasiswa Untirta Ikuti Jalur Rempah 2018

SERANG – Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam Ekspedisi Jalur Rempah 2018.

Salah satu mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yaitu Rafli Maulana Jurusan Pendidikan Sejarah 2015 yang terpilih seleksi dari 945 Mahasiswa Se Indonesia dan terpilih menjadi salah satu Peserta dari 64 yang lolos dalam Kegiatan Ekspedisi Jalur Rempah 2018 di Maluku Utara.

Ekspedisi Jalur Rempah adalah salah satu upaya Direktorat Sejarah untuk meningkatkan kesadaran generasi muda tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Kepualauan (Archipelago State) sekaligus menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap nilai-nilai Nasionalisme dan Kebangsaan.

“Ekspedisi Jalur Rempah 2018 akan dilaksanakan di Provinsi Maluku Utara pada 28 September – 10 Oktober 2018,” kata Rafli, Senin (15/10/2018).

Ekspedisi berlangsung para peserta akan tinggal bersama masyarakat lokal di sana.

Peserta di lepas di setiap pulau. Rafli Maulana tinggal di Kepulauan Tidore selama 5 hari dan setelah tinggal 5 hari di Tidore. Semua Peserta dikembalikan ke tempat semula Yaitu di Ternate BLK selama 7 hari di Ternate Peserta berlomba-lomba dalam menuliskan Karya Tulis karena akan dipilih dan diberikan penghargaan kepada karya tulis perorangan.

Rafli Maulana dengan judul tulisan “Pohon Ajaib dan Emas Hitam Tidore yang Dicari Bangsa Eropa” menjadi Karya Tulis Terbaik dan penghargaan itu diberikan pada saat penutupan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate. “Alhamdulillah karya saya terpilih menjadi tulisan terbaik,” tutupnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini