Beranda Peristiwa Mahasiswa KBM Untirta Unjukrasa Tolak UU Cipta Kerja

Mahasiswa KBM Untirta Unjukrasa Tolak UU Cipta Kerja

Ratusan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat, 31 Maret 2023, di lampu merah Ciceri Kota Serang.
Ratusan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat, 31 Maret 2023, di lampu merah Ciceri Kota Serang.

SERANG – Ratusan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat, 31 Maret 2023, di lampu merah Ciceri Kota Serang. Mereka menuntut pencabutan Undang-Undang Cipta Kerja (CIPTAKER) yang dianggap tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Algi, selaku Presiden Mahasiswa UNTIRTA dan Koordinator Lapangan aksi demonstrasi tersebut mengatakan bahwa KBM UNTIRTA melakukan aksi demonstrasi ini karena keberatan terhadap UU CIPTAKER yang dinilai melanggar konstitusi. Menurut Algi, UU CIPTAKER melanggar tiga landasan yaitu landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis yang harus dipegang teguh oleh pemerintah Indonesia.

“Terjadinya kerusakan sistem demokrasi yang dimana tidak adanya keterlibatan publik sebagai “watch dog” pemerintah atau rezim yang berkuasa. Kemudian daripada itu secara teori telah disebutkannya bahwa kebijakan ini inkonstitusional bersyarat,” ujarnya.

Algi menambahkan bahwa tuntutan KBM UNTIRTA tidak hanya sebatas pencabutan UU CIPTAKER, tapi juga mengembalikan marwah konstitusi, menghentikan pengkhianatan terhadap konstitusi, merealisasikan sistem demokrasi berdasarkan kedaulatan rakyat, dan merevitalisasi lembaga pemerintahan yang sesuai dengan konstitusi.

Algi berharap bahwa pemerintah akan kembali mengkaji materi-materi terkait implementasi hukum agar tidak melanggar konstitusi. Dia juga mengajak mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya untuk terus menggaungkan kebenaran dan mempertahankan idealismenya.

Aksi unjuk rasa KBM UNTIRTA ini menjadi sorotan publik, mengingat tuntutan mahasiswa untuk mengembalikan marwah konstitusi dan merealisasikan sistem demokrasi berdasarkan kedaulatan rakyat. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini