Beranda Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Mercu Buana Gelar Pelatihan Sosial Media Marketing

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Mercu Buana Gelar Pelatihan Sosial Media Marketing

Kuliah Peduli Negeri yang dilakukan oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations Universitas Mercu Buana.

TANGERANG – Kuliah Peduli Negeri yang dilakukan oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Public Relations Universitas Mercu Buana dengan dosen pembimbing Rika Yessica Rahma bekerja sama dengan CSR PT Sinar Mas Land bidang pendidikan, PT. Bumi Serpong Damai Tbk.

Kegiatan berlangsung di SMK An-Nashihin pada tanggal 19 Mei 2022 pukul 13.00-16.00 WIB. Kegiatan tersebut memiliki beberapa rangkaian seperti pembukaan, kata sambutan dari beberapa pihak, pemaparan materi, penerapan materi kepada siswa-siswi, dan pengumuman pemenang dengan hasil terbaik.

Dengan tema besar “Integrated Social Media Marketing” dengan dua subtema yaitu “Pesona Wisata: Museum Jakarta Sebagai Tempat Seribu Ide dan Cerita” dan “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Kampanye UMKM”.

Acara KPN 2022 dibuka secara resmi pada 19 Mei 2022 dengan penyerahan penghargaan oleh Sylvia Adriana selaku perwakilan Sinar Mas Land kepada Mintarsih selaku perwakilan guru SMK An-Nashihin dan juga penyerahan penghargaan kepada Denniese Derose Queenona selaku perwakilan panitia kegiatan KPN.

Setelah sesi penyerahan penghargaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan para murid serta guru dari SMK An – Nashihin sebelum memulai pemaparan materi yang merupakan sesi utama dari kegiatan KPN ini. Para siswa – siswi sangat antusias dan senang atas pelaksanaan kegiatan KPN yang sangat bermanfaat bagi kemampuan baru untuk di masa yang akan datang.

Selanjutnya terdapat pemaparan materi pertama yang dibawakan oleh kelompok 7 bernama Digicate of Future yang memiliki pembahasan terkait media sosial, kampanye serta infografis. Materi tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para siswa – siswi untuk lebih mengetahui kegiatan pada media sosial yang dilakukan oleh para pebisnis kecil atau UMKM dan setelahnya terdapat kegiatan penerapan materi membuat sebuah kampanye dalam bentuk infografis secara berkelompok yang setelahnya diunggah melalui Instagram. Kelompok yang menghasilkan karya terbaik dipilih menjadi juara dan mendapatkan hadiah. Hal itu menjadikan suatu pengalaman baru dan bermanfaat bagi mereka.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh kelompok 5 dengan nama Indonesian Heritage pada pukul 15.00 WIB yang membawakan tiga materi yaitu pemanfaatan media sosial, pengelolaan objek wisata, dan strategi promosi dalam pengembangan pariwisata. Tujuan utama dari materi ini adalah untuk meningkatkan rasa minat para generasi milenial dalam kegiatan berkunjung ke tempat wisata bersejarah di Indonesia seperti museum di Jakarta dan juga memperkenalkan strategi pemasaran yang sangat mudah dilakukan pada saat ini yaitu teknik copywriting.

Tidak hanya pemaparan materi, KPN 2022 juga melaksanakan kegiatan penerapan materi kepada seluruh siswa – siswi dengan membuat hasil karya copywriting di Instagram pribadi lalu hasil karya terbaik akan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah khusus bai para juara 1, juara 2, dan juara 3 yang telah dipilih oleh para panitia.

Selanjutnya, penngumuman para pemenang dari penerapan materi dengan membuat sebuah karya copywriting pada Instagram pribadi ini dimenangkan oleh @indhsyf_aaa13 sebagai juara 1, @agniii_aaaa sebagai juara 2 dan @honjoo13 sebagai juara 3. Setelah usai mengumumkan pemenang hasil karya copywriting, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian hadiah, foto bersama dengan para pemenang, dan acara penutupan.

Para panitia pelaksana kegiatan Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana melalui kegiatan ini berharap dapat membuka wawasan baru khususnya mengenai harapan yang dapat digali dari keberagaman budaya sejarah Indonesia dalam teknik promosi wisata pada saat ini agar dapat terus maju oleh generasi muda dan dikenal oleh dunia.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini