Beranda Hukum Mabes Polri Sidak dan Tes Urine Polisi di Banten

Mabes Polri Sidak dan Tes Urine Polisi di Banten

Anggota Mapolres Serang Kabupaten mengikuti tes urine - Fotografer Wahyu Arya/BantenNews.co.id

SERANG – Tim Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) Divisi Propam Mabes Polri melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Mapolres Serang Kabupaten, Rabu (21/11/2018). Kunjungan Tim Ops Gaktibplin Divisi Propam ini dalam rangka memeriksa perlengkapan personel dan tes urine kepada seluruh personel termasuk PNS Polri.

Dalam gelaran tes urine ini, Divpropam bekerjasama dengan personel Bidang Dokkes Polres Serang Kabupaten dan disaksikan langsung Kepala Bagian (Kabag) Gaktibplin Divisi Propam Mabes Polri, Kombes Pol Agung Setianto, Wakapolres Serang Kabupaten Kompol Agung Cahyono serta personel Bidang Propam Polda Banten.

“Kedatangan Tim Ops Gaktibplin Divpropam Mabes Polri ini dalam rangka melakukan pemeriksaan kelengkapan personel dan sikap tampang meliputi, pakaian dan rambut,” ungkap Kabag Gaktibplin, Kombes Pol Agung Setianto, di sela-sela pemeriksaan urine.

Selain memeriksa kelengkapan personel, Tim Ops Divpropam juga melakukan tes urine. Agung menjelaskan, tes urine bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan obat-obat terlarang di kalangan kepolisian. Agung menambahkan tak hanya di tingkat bintara, tes urine juga diikuti seluruh perwira serta PNS Polri.

“Hasil dari pemeriksaan urine akan dilaporkan kepada pimpinan, termasuk Kapolda Banten. Bagi mereka yang positif terlibat penyalahgunaan narkotika akan menjalani sidang disiplin dan akan dikenakan sanksi sesuai tingkatan bahkan hingga pemecatan,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Agung, Operasi Gaktibplin yang dipimpinnya ini tidak hanya dilakukan terhadap personel Polres Serang saja, pihaknya akan melakukan pemeriksaan yang sama terhadap personel polres lain di wilayah Polda Banten. “Jadi pemeriksaan tidak hanya di Polres Serang Kabupaten tapi seluruh personel jajaran Polda Banten,” tandasnya.

Sebelum dilakukan pemeriksaan, seluruh anggota Polres Serang Kabupaten ini diminta apel di halaman mapolres. Kemudian personel Divpropam melakukan kegiatan berupa pemeriksaan kedisiplinan, sikap tampan dan kelengkapan surat-surat berupa KTP, KTA dan SIM.

Belasan personel yang rambutnya terlihat panjang dipisahkan dari personel lainnya dan diberikan peringatan untuk mencukur dan merapikan. Namun sebelum kembali ke barisan, personel Divpropam memotong secara acak rambut anggota yang panjang.

Setelah itu, seluruh personel diwajibkan mengisi formulir yang telah disiapkan. Usai mengisi formulir seluruh personel, satu persatu mengambil toples untuk diisi urine. Usai mengisi dengan urine toples diserahkan kepada petugas Biddokkes untuk diperiksa. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini