Beranda Kesehatan Lutut Cedera Bolehkah Diurut? Begini Penjelasan Ahli

Lutut Cedera Bolehkah Diurut? Begini Penjelasan Ahli

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Tak jarang lutut mengalami cedera atau keseleo saat berolahraga cukup berat. Biasanya sebagai pertolongan pertama, banyak yang mengurut lutut cedera atau ke tukang pijat biar nggak perlu repot ke dokter.

Ketika mengalami keseleo, terdapat sendi yang mengalami dislokasi. Sendi tersebut keluar dari lingkupnya karena ada kekuatan besar yang mendasari hal tersebut. Saat lutut keseleo, bukan hanya sendi tapi tulang rawan pada lutut pun ikut terkena dampaknya.

“Kalau sampai yang kerasnya aja pindah tentu ada cedera pada jaringan yang lunak. Jadi kalau kita datang ke tukang pijat dalam keadaan cedera, itu tindakan yang tidak bijaksana,” tutur spesialis orthopedi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Karina Besinga, SpOT(K) dikutip dari detik.com.

dr Karina menambahkan, anatomi sendi pada lutut sangat kompleks. Jika menangani cedera dengan cara yang salah akan mengakibatkan efek fatal bahkan kecacatan.

“Tentu kita sebagai yang punya badan kita pengin tahu, sumber sakitnya apa. Pentingnya ke dokter ya untuk mencari tahu jawaban itu,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini