Beranda Pemerintahan Lurah di Kota Serang Diminta Peka Terhadap Kebutuhan Masyarakat

Lurah di Kota Serang Diminta Peka Terhadap Kebutuhan Masyarakat

Musrenbang tingkat Kecamatan sekaligus dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Serang tahun 2021 - (Foto Ade Faturohman/BantenNews.co.id)

SERANG – Walikota Serang, Syafrudin berharap pejabat kelurahan di Kota Serang peka terhadap kebutuhan warganya. Kemudian para lurah juga mampu berkreatifitas dalam merealisasikan program Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

“Semoga dengan dilaksanakan Musrenbang ini seluruh elemen masyarakat Kota Serang semakin kompak, inovatif, kreatif, dan respnosif,” ujarnya usai menghadiri pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan sekaligus dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Serang tahun 2021 di Aula Kantor Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (24/1/2020).

Ia menjelaskan bahwa untuk mencapai sebuah keberhasilan diperlukan perencanaan yang baik.

“Perencanaan yang baik itu akan menghasilkan pembangunan yang baik, oleh karena itu, saya berharap kepada semua kelurahan, kecamatan bahkan masyarakat untuk bisa merencanakan yang bagus,” ucapnya.

Salah satu perencanaan yang baik itu harus berpacu pada kebutuhan masyarakat atau program kerja yang akan dibentuk harus berpacu pada kebutuhan-kebutuhan yang ada di lingkungan masyarakat.

“Untuk dapat merencanakan yang bagus yang berarti tidak asal-asalan, tidak asal tembak tetapi harus sesuai dengan kondisi di lapangannya dan kebutuhan masyarakat pada saat ini,” katanya.

Dikatakan Syafrudin, hasil Musrenbang Kecamatan berupa perumusan prioritas perencanaan pembangunan tahun 2021 di wilayah Kecamatan harus terintegrasi dan mendukung prioritas pembangunam Kota Serang.

“Pada tahun 2021, pemerintah Kota Serang tetap akan melanjutkan implementasi tahapan pelaksanaan program unggulan mendesak (Sebagaimana amanat RPJMD Kota Serang tahun 2018 – 2023),” terangnya.

Ia juga mengatakan, program unggulan tersebut terdiri dari pembagunan alun – alun atau ruang publik di setiap kecamatan, kampung atau kelurahan tematik, pembangunan masjid agung, pengembangan smart city dan peningkatan destinasi wisata.

“Sementara program mendesak terdiri dari penataan PKL, pengurangan kemacetan, pengelolaan persampahan, dan pengurangan spot genangan air dan penegakkan Perda,” kata Walikota.

Hal tersebut sebagai kelanjutan program kampung bersih dan aman pada tahun 2021 dengan target mewujudkan permukiman bersih, sehat dan aman.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang, Nanang Saepudin mengatakan pihaknya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Musrenbang ini.

“Tantangan pembangunan Kota Serang ke depan memang tidak ringan, yang memerlukan pembangunan yang lebih fokus dan terarah, untuk itu penyelenggaraan pemerintah yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi informasi harus lebih dikembangkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ