Beranda Kesehatan Luncurkan Nine Bicycle Patrol, Polrestro Tangerang Sosialisasikan 3M

Luncurkan Nine Bicycle Patrol, Polrestro Tangerang Sosialisasikan 3M

303
0
Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Jamal Alam foto bersama dengan nine bi bicycle patrol, Selasa (27/10/2020) (alwan/bantennews.co.id)

TANGERANG – Ada pemandangan berbeda pada Operasi Zebra 2020 yang digelar Polres Metro Tangerang Kota. Operasi yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini juga memperhatikan protokol kesehatan 3M atau Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Polres Metro Tangerang Kota meluncurkan terobosan kreatif yakni nine bicycle patrol atau patroli pesepeda yang terdiri atas satu komandan tim (Dantim) empat polwan dan empat polisi lalu lintas laki-laki.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Jamal Alam mengatakan, Operasi Zebra tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya lantaran dilakukan saat Pandemi Covid-19. Karenanya, ia juga memperhatikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Pada operasi kali ini kami juga membantu pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19,” katanya saat ditemui di lokasi razia, Selasa (27/10/2020).



Kata Jamal, personel bersepeda itu digunakan untuk mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. “Dilengkapi alat pengeras suara mereka juga mengimbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M),” jelasnya.

Jamal mengungkapkan, dipilihnya sepeda untuk menjadi armada mengimbau protokol kesehatan lantaran sepeda saat ini menjadi hobi masyarakat yang bisa digunakan untuk berolahraga. “Dengan sepeda juga bisa menjangkau gang-gang maupun perumahan atau daerah yang jalannya sempit,” ungkapnya.

Dalam Operasi Zebra 2020 ini, lanjut Jamal, Satlantas didukung oleh TNI Denpom dan Dishub Kota Tangerang. Untuk tujuan operasi ini dilakukan untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. (Wan/Red/SG)