Beranda Cinta Luar Biasa, Punya Pasangan Romantis Itu Bisa Jadi Penghilang Rasa Sakit

Luar Biasa, Punya Pasangan Romantis Itu Bisa Jadi Penghilang Rasa Sakit

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Punya pasangan yang romantis pasti diinginkan oleh setiap wanita. Bukan hanya bisa membuat suatu hubungan menjadi lebih baik, namun menurut sebuah penelitian juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Austria, memiliki pasangan romantis di dekat kita bisa menekan rasa sakit yang dialami. Ini membuktikan bahwa empati dari pasangan memiliki efek penghilang rasa sakit lebih besar.

Dalam penelitian ini melibatkan 40 pasangan romantis yang salah satunya mendapatkan rasa sakit pada jarinya dengan tekanan benda berat. Eksperimen dilakukan sebanyak tiga kali, dua kali eksperimen dibiarkan sendirian, dan eksperimen lainnya ditemani dengan pasangan mereka.

Kemudian pasangan mereka duduk satu meter di sampingnya. Mereka tidak diizinkan untuk berpegangan tangan atau saling berbicara, mereka hanya diminta untuk melakukan kontak mata.

Peserta yang memiliki pasangan dengan empati tinggi tampaknya memiliki peningkatan yang lebih besar dalam toleransi rasa sakit daripada sendirian.

“Dapat dikatakan bahwa pengalaman sehari-hari dengan pasangan yang sangat berempati mengarah pada ekspektasi umum akan welas asih dan dukungan emosional dalam situasi yang mengancam. Dengan demikian, satu-satunya kehadiran pasangan dapat mengurangi tekanan dan sensitivitas rasa sakit,” kata Prof Stefan Duschek selaku peneliti utama dikutip dari detik.com.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini