Beranda Peristiwa Luapan Situ Cilembun, Ratusan Rumah Warga di Lebak Terendam Banjir

Luapan Situ Cilembun, Ratusan Rumah Warga di Lebak Terendam Banjir

LEBAK – Itensitas hujan yang cukup besar di Kabupaten Lebak, Banten, mengakibatkan Situ Cilembun meluap. Akibatnya banjir merendam sekitar 262 rumah warga yang berada di Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Warunggunung, Jumat (19/4/2024) dini hari.

Kepala Pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, banjir yang merendam ratusan rumah warga di dua kecamatan tersebut.

“Sedikitnya ada sekitar 262 rumah yang terdampak banjir tersebut terjadi di Kecamatan Cibadak dan Kecamatan Warunggunung. Rinciannya 27 rumah di Desa Cimenteng Jaya, 150 rumah Desa Cisangu, dan 49 rumah di Desa Pasar Keong, Kecamatan Cibadak, sementara di Kecamatan Warunggunung meliputi 20 rumah di Desa Banjarsari, dan 16 rumah di Desa Cempaka,” kata Febby saat dihubungi, Jumat (19/4/2024).

Ia mengungkapkan, faktor meluapnya Situ Cilembun diduga akibat guyuran hujan tidak hanya terjadi Lebak melainkan air kiriman dari Kabupaten Pandeglang. Sebab, Situ Cilembun ini terintegrasi dengan Pandeglang.

“Rumah-rumah yang terendam sebagian sudah surut, namun hingga pagi tadi masih ada yang terendam khususnya di Desa Cisangsu. Untuk korban jiwa tidak ada, dan saat ini pihak BPBD Kabupaten Lebak masih melakukan pendataan rumah warga yang terdampak banjir,” ujarnya.

Ia mengimbau, kepada warga untuk tetap waspada akan potensi bencana lainnya. Sebab, cuaca ekstrim masih terjadi di wilayah Lebak.

“Imbauan terus kita lakukan kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai potensi bencana yang ditimbulkan cuaca ekstrim,” ucapnya. (San/Red).

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini