Beranda Peristiwa LPP Pilar Community Bersihkan Sampah di Pantai Bagedur

LPP Pilar Community Bersihkan Sampah di Pantai Bagedur

Aktivis membersihkan sampah di Pantai Bagedur (IST)

LEBAK– Lembaga Pemberdayaan Pemuda (LPP) Pilar Community,  menggelar aksi membersihkan sampah plastik di tepi pantai dan di dasar laut objek wisata Pantai Bagedur, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (28/8/2022).

Kholid Fauzi, Ketua Umum Pilar Community mengatakan bahwa kegiatan bersih sampah ini dilakukan sebagai upaya mengedukasi kepada masyarakat agar bisa selalu menjaga pantai dari sampah, terutama sampah plastik.

“Aksi pungut sampah ini dilakukan sebagai salah satu bentuk edukasi kepada pengunjung tempat wisata dan masyarakat umum, akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terlihat rapi, indah dan nyaman,”  kata Kholid Fauzi saat dihubungi.

Ia menjelaskan,   dalam Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan telah disebutkan, bahwa setiap orang berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan daya tarik wisata. Selain itu, setiap orang juga berkewajiban untuk ikut serta membantu terciptanya suasana aman, tertib, bersih, berperilaku santun, dan menjaga kelestarian lingkungan destinasi pariwisata.

“Untuk itu, LPP Pilar Comunity mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mulai memperhatikan lingkungan hidup, mengubah perilaku individu menjadi lebih peduli lingkungan serta menjaga lingkungan agar tetap bersih,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, jadi sudah jelas bahwa setiap orang termasuk wisatawan, warga sekitar maupun pengelola tempat wisata wajib untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. Jika sampah di tempat wisata dibiarkan menumpuk, maka akan mencemari lingkungan. Bahkan sudah ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang rusak akibat hal tersebut.

“Meski terdapat pengelola objek wisata di setiap tempat wisata. Bukan berarti para wisatawan yang berkunjung terlepas begitu saja atas tanggungjawabnya dalam menjaga kebersihan pantai. Namun kita harus senantiasa meningkatkan kesadaran bahwa kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Ia pun berharap, agar pengelola objek wisata khususnya di Pantai Bagedur, bisa lebih memperhatikan tentang pengelolaan sampah yang dihasilkan dari para pengunjung pantai atau para wisatawan.

“Kami berharap, pengelola obyek wisata Pantai Bagedur juga bisa lebih ditingkatkan lagi dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan akibat pengunjung. Selain itu, untuk pengelola wisata juga bisa menyediakan tempat-tempat pembuangan sampah, sekaligus mengedukasi pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan,” katanya. (San/Red)