Beranda Pemerintahan LPM Diharapkan Dapat Perkuat Cadangan Pangan Masyarakat Desa

LPM Diharapkan Dapat Perkuat Cadangan Pangan Masyarakat Desa

Seorang pembeli tengah memilah telur ayam di agen aneka telur segar di Pasar Induk Rau (PIR), tepatnya di Jalan Cinanggung, Kota Serang. (Ade/bantennews)

KAB. TANGERANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, menggelar Sosialisasi Pembinaan Kelembagaan Cadangan Pangan Masyarakat (CPM) untuk penguatan kelembagaan di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Lewat kegiatan ini kami ingin membentuk komitmen kelompok dalam mengelola lumbung pangan, meningkatkan partisipasi aktif anggota kelompok, perbaikan mekanisme kerja kelompok dan meningkatkan kemampuan kelompok dalam pengelolaan CPM secara mandiri dan berkelanjutan khususnya diwilayah Kabupaten Tangerang,” kata Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika Sutrisno
di aula Rumah Makan Waroeng Sunda Talaga Bestari.

Menurut Asep, pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) ini dapat memperkuat Cadangan Pangan Masyarakat Desa. Selain itu, dapat mengantisipasi kekurangan bahan pangan di saat menghadapi musim paceklik, mengantisipasi ancaman gagal panen akibat bencana alam seperti serangan hama dan penyakit, anomali iklim dan banjir.

“Karena itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah perlu memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat sesuai dengan kearifan lokal. Cadangan pangan yang dikelola secara langsung oleh masyarakat dapat memberikan kemudahan akses pangan sehingga berperan dalam menjaga ketahanan pangan di tingkat rumah tangga,” ujar Asep dalam keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Penyuluh Pertanian, dan Perwakilan 25 Kelompok Tani Pengelola Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) se-Kabupaten Tangerang.

(Ril/Red)