Beranda Pendidikan Lomba Tingkat Regu Penggalang III 2022 Pramuka Lebak Resmi Dibuka

Lomba Tingkat Regu Penggalang III 2022 Pramuka Lebak Resmi Dibuka

Lomba Tingkat Regu Penggalang III 2022 Pramuka Lebak Resmi Dibuka

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lebak menjadi pemimpin upacara sekaligus membuka Lomba Tingkat Regu Penggalang (LT) III Tahun 2022 Gerakan Pramuka Lebak bertempat di Dodiklatpur RINDAM III Siliwangi, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Dalam laporannya, Ketua Panitia LT3, Owi Madrowi menjelaskan LT3 merupakan perlombaan Pramuka penggalang antar Kwartir Ranting yang dilaksanakan pada 28 September sampai dengan 1 Oktober 2022 dengan peserta penggalang utusan tiap ranting yang di SD/MI dan SMP/MTs Se Kabupaten Lebak.

“Total peserta yang mengikuti LT3 berjumlah 1.138 orang yang terdiri dari peserta 878 orang, Pendamping 175 orang, Panitia 55 orang dan dewan juri 30 orang,” jelas Owi dalam keterangannya.

Wabup selaku pemimpin upacara pada amanatnya menyampaikan pentingnya menjunjung tinggi sportifitas dalam pelaksanaan LT3, khususnya kepada dewan juri, Wabup berpesan agar objektif dalam memberikan penilaian kepada peserta lomba mengingat juara pada LT3 kedepan akan mewakili Pramuka Lebak dalam Lomba Tingkat Empat (LT4) di tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Banten.

“Saya berpesan, pesertanya harus sprotif, dan jurinya juga harus adil. Dengan sportif, kalian telah menjalankan salah satu prinsip dalam kepramukaan yaitu menjadi manusia yang jujur,” ungkap Wabup.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Wabup Lebak juga memberikan wawasan dalam berorganisasi yang baik dan benar serta bagaimana menjadi pemimpin yang baik.

“Disini saya akan mencontohkan bagaimana seorang wakil bupati memiliki pemimpin yang namanya Bupati, jadi Wakil Bupati itu harus selalu selangkah dibelakang Bupati, jangan sampai melangkahi, itu etikanya dan juga harus selelalu membantu Bupati dalam mensukseskan apa yang menjadi visi misi Bupati untuk Kabupaten Lebak” Jelas Wabup

Wabup juga dengan tegas mengatakan kepada para pesera LT3, agar memaknai betul lambang negara Indonesia yakni pancasila, karena melalui Pancasila lah negara ini rukun, damai dan bersatu meskipun beragam budaya, bahasa dan keyakinan.

(Red)