Beranda Peristiwa Lomba Kampung Merah Putih Cilegon Tumbuhkan Patriotisme

Lomba Kampung Merah Putih Cilegon Tumbuhkan Patriotisme

56
0
Foto istimewa

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Badan Kesbangpol menggelar “Lomba Kampung Merah Putih” (LKMP) yang diikuti perwakilan kelurahan dengan menetapkan satu RW dan empat RT di setiap kecamatan se Kota Cilegon.

Lomba ini ditetapkan sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan setiap Agustus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. Penyelenggaraan dan penilaian tahun ini dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Agustus 2018.

“Daerah yang menjadi pemenang nanti adalah kampung yang paling “heroik” massal, lengkap dan ramai dan akan kita berikan hadiah bagi pemenangnya,” ujar Bayu Panatagama sebagai Ketua Panitia, Sabtu (11/8/2018).

Bayu mengungkapkan, saat memasuki daerah kawasan KMP, nuansa kemerdekaan sangat terasa dengan banyaknya atribut bernuansa merah putih yang dipasang di setiap rumah, seperti bendera, hiasan dan umbul-umbul bahkan gapura memasuki kampung tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang sangat menghormati, bangga dan bergembira menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI,” katanya.

Bentuk peran serta masyarakat tersebut, menurut Bayu merupakan makna dan 3 gambaran dari Indonesia Kerja Bersama yang ditampakkan melalui kampung merah putih.

Sementara itu, Juhdi Kabid Wasbang pada Badan Kesbangpol mengatakan pihaknya menyertakan 8 kecamatan atau 8 RW dan 24 RW untuk ikut serta pada lomba tersebut.

“Di setiap lingkungan yang ada di Kecamatan se Kota Cilegon, setiap rumah memasang atribut merah putih seperti bendera, umbul-umbul dan juga hiasan gantung,” jelasnya.

Ia menambahkan, sangat mengapresiasi peran serta dari Lurah dan juga masyarakat untuk memeriahkan lomba tersebut dengan memasang berbagai atribut merah putih di lingkungan masing-masing.

Tujuan lainnya pada kegiatan lomba kampung merah putih, diharapkan kampung merah putih mampu menumbuhkan dan meningkatkan rasa patriotisme warga, sehingga dalam berbagai aktifitas warga terus ingat akan perjuangan dan semangat dalam melakukan pembangunan. (Man/Red)