Beranda Pemilu 2024 Lolos dari Lubang Jarum, Adde Rosi Dipastikan Kembali Duduk di DPR RI...

Lolos dari Lubang Jarum, Adde Rosi Dipastikan Kembali Duduk di DPR RI dari Dapil Banten I

Ade Rossi Khaerunnisa. (Memed/bantennews)

SERANG – Calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golongan Karya (Golkar) daerah pemilihan (Dapil) Banten I, Adde Rosi Khoerunissa dipastikan kembali duduk di DPR RI. Hal itu lantaran hasil suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara nasional tak memenuhi ambang batas parlemen atau parlemntery treshold (PT) sebesar 4 persen pada Pemilu Serentak 2024.

Hasil tersebut membuat caleg DPR RI dari PPP dapil Banten I yakni Neng Siti Julaiha harus gigit jari karena tak bisa duduk di Senayan. Tak lolosnya PPP ke parlamen di Senayan menjadi kali pertama partai berlambang ka’bah itu tidak menempatkan wakilnya di DPR RI.

Diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional yang dilakukan KPU RI terhadap perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri pada, Rabu (20/3/2024) malam.

Dari hasil itu, PPP mendapatkan 5.878.777 suara dari total 84 dapil. Sementara jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 di yang mencapai 151.796.630 suara, PPP hanya meraup 3,87 persen suara.

Sebelumnya Caleg DPR RI di Dapil Banten I yang meliputi Kabupaten Lebak-Pandeglang, sudah meloloskan enam caleg yang duduk di senayan.

Perolehan suara tertinggi di Dapil Banten I diraih oleh Politikus PKB Ahmad Fauzi dan kedua oleh Rizki Natakusumah dari Partai Demokrat,
Neng Siti Julaiha (PPP), Tia Rahmania dari PDIP dan Arif Rahman dari Nasdem.

Hal ini menguntungkan Caleg DPR RI dari Partai Golkar Adde Rosi Khoerunnisa yang menempati posisi ke 7, yang sebelumnya dikabarkan tidak masuk senayan kini ada harapan setelah PPP dipastikan tidak lolos parlemen/parliamentary threshold (PT) 4 persen pada Pileg DPR RI 2024.

Dari hasil rekapitulasi KPU, Adde Rosi mendapatkan suara 117.653 yang menempati posisi ke 7 yang kemungkinan melenggang ke Senayan kembali. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini