Beranda Peristiwa LKPM Banten Antisipasi Gerakan Isu SARA Pasca Pemilu 2019

LKPM Banten Antisipasi Gerakan Isu SARA Pasca Pemilu 2019

Lembaga Kajian dan Pengembangan Masyarakat (LKPM) Banten menggelar Diskusi Publik

SERANG – Lembaga Kajian dan Pengembangan Masyarakat (LKPM) Banten menggelar Diskusi Publik dengan Tema ‘Menjaga Nilai-nilai Persatuan untuk Mengantisipasi Isu SARA’ yang diadakan di Kota Serang, Minggu (23/6/2019).

Hadir dalam dialog tersebut sebagai narasumber Ketua PMII Banten, Ahmad Solahudin, Ketua Majelis Pesantren Salafi (MPS) Banten, Martin Syarqowi dan Akademisi UIN Banten, Mahrus Ali.

“Berkaca pada Pemilu yang lalu, tidak sedikit isu SARA yang dihembuskan oleh orang-orang tertentu untuk mencapai kekuasaannya,” kata Ahmad Solahudin.

Sementara itu, dalam paparannya, Matin Syarqowi mengulas sejarah awal mula isu SARA masuk ke tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, dalang kerusuhan yang terjadi di muka bumi ini adalah iblis.

“Dalang semua kerusuhan adalah iblis. Siapapun manusia yang mempegaruhi untuk kejahatan, dia adalah iblis,” ujarnya.

Narasumber lainnya, Mahrus Ali menegaskan, sebagai negara kesatuan, Indonesia yang memiliki 17 ribu pulau lebih dan enam agama yang diakui pemerintah, isu SARA yang dibawa ke tanah politik menjadi tidak terbendung.

“Agama di Indonesia ada enam, Islam, Katolik, Kristen, Konghuchu, Hindu dan Budha yang seharusnya keyakinan inilah yang membuat nilai- nilai persatuan Indonesia tetap terjaga,”ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini