Beranda Sosial LKC Dompet Dhuafa Luncurkan Kampung Sehati

LKC Dompet Dhuafa Luncurkan Kampung Sehati

Foto istimewa

SERANG – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC)  Dompet Dhuafa Banten berhasil menluncurkan Kampung Sehati (Sehat Sanitasi) berlokasi di RT 01/08 Kampung Ciwaru, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Kehadiran Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Banten berhasil merubah pola sanitasi masyarakat di wilayah tersebut.

“Ini merupakan hasil dari pencapaian pilar pertama STBM, sehingga semua warga di RT 01/08 sudah tidak ada lagi yg BAB (Buang Air Besar) sembarangan. Sebelumnya ada 32 Kepala Keluarga (KK) yang tidak punya jamban keluarga dan BAB sembarangan, setelah kita lakukan pemicuan dan pendampingan terhadap 32 KK itu berubah pola sanitasinya  menjadi berhenti untuk BAB sembarangan dan membuat jamban sehat keluarga,” jelas Danan Panggih Wisastra selaku Program LKC Dompet Dhuafa Banten, Kamis (21/11/2019).

Sifing Lestari selaku Pelaksana Tugas Direktur LKC Dompet Dhuafa Banten dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah upaya dakwah Dompet Dhuafa dalam hal kesehatan.

“Kita berusaha membuat gerakan dakwah melalui kesehatan hingga mengajak masyarakat untuk lebih sehat. Buang Air Besar sembarangan ini merupakan bagian yang harus kita dakwahi, kami mengajak peran warga semua mendakwah untuk mengentaskan semua keluarga memiliki jamban. Kami berterima kasih kepada semua pihak telah mendukung kegiatan ini. Kami  berkolaborasi dengan warga untuk bersama-sama menyehatkan masyarakat. Kesehatan ini ujungnya adalah untuk menjadi kesehatan bagi kita semua,” katanya.

Deklarasi Kampung Sehati ini disambut dengan baik oleh Ketua RT 01 RW 08 Kampung Ciwaru, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

“Sebelum ada program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ini dulu warga kalo buang air sembarangan, ada yang diselokan.Tapi Alhamdulillah setelah ada program ini warga buang airnya di jamban. Para warga mau untuk diajak bergotong royong mas, bersama sama membangun Jamban sehat. Itu yang membuat saya selaku Ketua (Rumah Tangga) RT senang sekali, para warga mau bergotong royong, sudah tidak lihat lagi ada kotoran yang terlihat didepan mata” jelas Pak Samlawi selaku Ketua RT setempat disela-sela acara peluncuran Kampung Sehati.

Hadir juga perwakilan dari Pemerintahan setempat. Dedi Cahyadi Kasubdit Bidang Perencanaan Pembangunan Perumahan dan Pemukiman Kota Serang, serta mengapresiasi langkah LKC Banten dalam membentuk program Kampung Sehati di wilayahnya.

“Kami berterima kasih kepada Dompet Dhuafa yang telah membantu dalam upaya meningkatkan taraf hidup sehat dengan program Kampung Sehati,” ujar Dedi Cahyadi dalam sambutannya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini