Beranda Opini Live Streaming, Media Hiburan yang Cepat dan Mudah

Live Streaming, Media Hiburan yang Cepat dan Mudah

376
0
Foto istimewa Google.com

Apa itu live stream?

Mendengar istilah live stream sepertinya sudah tidak asing lagi didengar apalagi oleh kalangan muda sampai anak-anak, live stream adalah sebuah siaran video yang disiarkan secara langsung. Jadi waktu kita menonton siaran sama dengan waktu siaran tersebut direkam istilah ini biasa dilakukan dalam siaran olahraga seperti pertandingan sepak bola atau WWE.Sedangkan yang merekam disebut dengan livestreamer/streamer.

Popularitas Live stream

Nah, ngomong-ngomong soal live stream Instagram, salah satu media sosial terbesar didunia ini adalah salah satu tempat tujuan banyaknya pengguna media sosial untuk melakukan live stream atau hanya sekedar monton live stream. Dikutip dari CNN, Tercatat pada 25 May lalu seorang bintang acara TV dari Turki Acun Ilical, membuat rekor live stream terbanyak yang pernah ditonton dengan jumlah penonton sebanyak 3 juta penonton.

Dari jumlah tersebut sudah tidak dihiraukan lagi bahwa ini adalah suatu cara untuk menarik penonton dengan cara yang cepat dan lebih mudah, keuntungan lainnya adalah penonton dapat berbincang langsung kepada streamer ataupun pengguna lainnya di kolom chat tentu saja akan lebih mengasyikan ngobrol sambil nonton kan?

Live stream sebagai media cari uang

Livestream juga sebuah cara yang mudah untuk mendapatkan “watchtime” di YouTube dimana kalian tidak perlu lama lama mengedit video untuk mendapatkan views bahkan beberapa Youtuber berpindah menjadi live streamer karena menurutnya cara ini lebih mudah dengan hasil yang sama, seperti yang kalian ketahui fitur monetasi dalam video Youtube memberikan beberapa iklan dalam video seorang pengguna iklan ini yang nantinya akan menjadi beberapa uang untuk para pengguna youtube yang mana adalah tujuan utama para Youtuber didunia untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Dilansir dari CelebrityNetworth.com penghasilan salah satu seorang Youtuber paling besar didunia Pewdiepie, mencapai 40 juta dollar atau sekitar Rp500 miliar . Hasil yang bukan main untuk sebuah pekerjaan yang dia mulai dari hobi bermain game. Walau begitu Pewdiepie belakangan ini memulai banyak live stream hal yang terbilang cukup jarang namun mengingat besarnya popularitas dari livestream hal tersebut sepertinya tidak mengurangi antusias penonton untuk menontonnya walaupun secara live.

Live stream platform lain

Setelah adanya sistem monetasi, semakin terlihat popularitas dari livestream sehingga banyak perusahaan perusahaan baru yang bersaing untuk menyediakan platform khusus livestream yang terbaik, beberapa platform yang paling populer adalah Twitch, Youtube, Facebook, dan Mixer. Namun belum lama ini Mixer memutuskan untuk Shutdown karena dinilai kurang menarik dan sepi peminat dan pada akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Facebook meski begitu budaya livestream tidak lepas dari masyakarat terutama kalangan gamers yang bahkan banyak yang berfikiran untuk menyiarkan siarannya sendiri walaupun hanya sekedar iseng.

Live stream, Hiburan para Gamers

Saat mendengar kata livestream di Youtube atau Twitch hal yang pertama kali terlintas adalah livestream games, kebanyakan livestream saat ini adalah siaran games terhitung oleh Google dalam 12 bulan terdapat total 50 miliar menit yang dihabiskan untuk menonton konten games di platform Youtube, inilah yang memunculkan ide untuk membuat peluang monetasi melalui konten game entah dengan live stream ataupun hanya sekedar mengupload video game di youtube.

Livestream biasanya digunakan untuk para gamers yang sudah dikenal untuk memudahkan mereka membuat konten ataupun agar para penonton bisa berinteraksi langsung dengan streamer, bahkan para penonton bisa memberikan donasi berupa uang kepada streamer, ini sebagai bentuk dukungan agar para streamer dapat terus berkarya dan tidak bosan melakukan livestream.

Live stream, Sebagai pekerjaan utama?

Sudah banyak content creator yang menjadikan livestream sebagai pekerjaannya, beberapa artis atau influencer juga ada yang mengadakan livestream setiap beberapa hari. Intinya Livestream sebagai pekerjaan utama bukan lagi hal yang lumrah, sudah banyak orang diluar sana yang memulai karirnya lewat livestreaming baik penghasilan dari monetasi ataupun donasi.

Penulis : Vascho Madafath Indesia
Artikel ini dibuat sebagai syarat kelulusan materi kuliah Bahasa Indonesia 2D PBI

(**)