Beranda Peristiwa Lima Makanan Khas Banten yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Lima Makanan Khas Banten yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Rabeg kambing. (Foto : MAHI)

BERKUNJUNG ke Banten rasanya tidak lengkap jika tidak membawa buah tangan. Di daerah yang terkenal dengan kesenian debus ini terdapat sejumlah kuliner yang menarik, dan sebagian bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Berikut adalah lima makanan khas Banten yang cocok dijadikan oleh-oleh:

 

Sate Bandeng

Sate bandeng. (Foto IG @satebandengsampurna)

Sate Bandeng merupakan makanan khas Banten yang paling populer. Makanan ini terbuat dari daging ikan bandeng yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Adonan daging ikan bandeng tersebut kemudian dibentuk menjadi sate dan dibakar. Sate Bandeng memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Makanan ini bisa ditemui di Kota/Kabupaten Serang atau Cilegon. Beberapa pembuat telah mengolah sate Bandengan dengan kemasan yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

 

Dodol Ny Lauw

Dodol Ny Lauw

Dodol Ny Lauw merupakan dodol khas Banten yang sudah sangat terkenal sejak 1962. Dodol ini menjadi kudapan oleh-oleh yang diproduksi di Kota Tangerang. Dodol ini terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan. Dodol Ny Lauw memiliki rasa yang manis dan legit.

Variasinya mulai dari dodol biasa, dodol wijen, dodol duren, hingga yang paling mahal dan enak yaitu dodol mede.

Emping

Emping merupakan makanan ringan khas Banten yang terbuat dari biji melinjo yang dipipihkan. Bentuknya beragam mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Emping memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Emping bisa didapatkan di beberapa tempat wisata atau tempat penjualan oleh-oleh di Banten.

 

Gipang

Gipang

Gipang merupakan makanan ringan khas Banten yang terbuat dari tepung beras ketan. Gipang memiliki rasa yang manis dan renyah. Gipang Banten memiliki berbagai macam varian rasa, seperti rasa original, rasa kacang, dan rasa gula merah.

Bakso Ikan Malingping

Bakso ikan malingping

Bakso Ikan merupakan makanan khas yang terkenal dari daerah Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Bakso ini terbuat dari daging ikan yang dihancurkan dan dicampur dengan berbagai bumbu. Bakso Ikan memiliki rasa yang gurih dan lezat. Bakso ikan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Banten karena Banten terkenal dengan hasil lautnya.

(Ink/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini