Beranda Teknologi Lima Jenis Penipuan yang Umum Menyasar Pengguna WhatsApp

Lima Jenis Penipuan yang Umum Menyasar Pengguna WhatsApp

Ilustrasi - foto istimewa

BANTEN – WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena membantu pengguna tetap terhubung di mana pun.

Namun, ada beberapa kasus penipuan WhatsApp yang tidak hanya memanipulasi orang, tetapi juga meretas perangkat korban untuk melakukan kejahatan. Pengguna WhatsApp kini menjadi sasaran empuk para penipu untuk mengelabui dan mencuri uangnya atau bahkan memerasnya.

Oleh karena itu, agar pengguna tetap waspada dan terhindar dari tipu muslihat scammer, berikut ini lima penipuan WhatsApp yang wajib diketahui setiap pengguna:

1. Pesan darurat dari teman atau keluarga

Dalam penipuan ini, pengguna mendapat pesan dari orang tidak dikenal yang mengaku sebagai teman atau keluarga pengguna.

Orang tersebut akan mulai meminta uang untuk keadaan darurat. Selain itu, beberapa penjahat menggunakan video dan audio deepfake untuk mengelabui pengguna.

Untuk menghindari penipuan seperti itu, konfirmasikan identitas orang tersebut sebelum mengirim uang.

2. Kode QR

Jika pengguna mendapatkan kode QR apa pun dari nomor tidak dikenal yang meminta undian atau donasi, pastikan untuk menghindarinya.

Jangan langsung memindai kode QR apa pun karena dapat mengarahkan pengguna ke tautan atau URL phising.

3. Penipuan perwakilan organisasi

Pengguna pasti pernah menerima pesan dari perwakilan bank untuk membuka rekening atau mengajukan kartu kredit. Dalam kasus seperti ini, penipu berpura-pura menjadi perwakilan perusahaan dan memikat pengguna dengan memberikan berbagai keuntungan.

Pastikan pengguna tidak membagikan informasi pribadi apa pun kepada orang tersebut terutama kode OTP.

4. Hadiah manipulatif

Dalam jenis penipuan WhatsApp ini, penipu melakukan trik untuk memenangkan hadiah dan menawarkan hadiah besar seperti perangkat elektronik, lampu, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Namun, untuk mengklaim barang tersebut, penipu akan meminta pengguna untuk mengklik tautan. Jangan klik tautan tersebut karena umumnya berisi malware dan phising.

5. Penipuan donasi

Penipu meminta donasi apa pun dari pengguna untuk tujuan baik, namun penipu akan mengarahkan pengguna ke situs web phising.

Oleh karena itu, hindari pesan seperti itu dan jangan ketuk tautan apa pun. Faktanya, penipu bahkan mungkin mengarahkan pengguna ke situs yang tampak seperti situs bank atau perusahaan asli, tetapi sebenarnya itu semua palsu.

Itu adalah beberapa penipuan WhatsApp yang paling umum dan wajib diketahui oleh pengguna. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News