Beranda Pariwisata Liburan Terakhir, Ratusan Kendaraan Menuju Anyer Memadati JLS Cilegon

Liburan Terakhir, Ratusan Kendaraan Menuju Anyer Memadati JLS Cilegon

Antrean ratusan kendaraan dari arah Cilegon menuju Anyer memadati Jalan Lingkar Selatan (JLS). (Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Memasuki masa liburan terakhir Natal dan Tahun Baru 2024, ratusan kendaraan roda dua dan roda empat memadati Jalan Lingkar Selatan (JLS). Antrean kendaraan mengular sekitar 1 kilometer.

Pantauan di lapangan pada pukul 11.30 WIB, kepadatan kendaraan terjadi mulai dari jembatan terakhir di JLS hingga pos polisi yang berada di pertigaan arah menuju kawasan wisata Anyer.

Petugas juga sengaja memarkirkan kendaraan kontainer besar di tengah jalan yang berfungsi sebagai sekat untuk arus kendaraan yang akan memasuki kawasan wisata Anyer.

Ratusan kendaraan yang memadati JLS tersebut merupakan rombongan wisatawan yang akan berkunjung ke Anyer. Tak hanya dari Banten, wisatawan dari luar daerah juga terpantau turut antre untuk memasuki jalur kawasan wisata Anyer.

Ditemui di lokasi, Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro mengatakan kepadatan kendaraan di JLS ini merupakan bagian dari rekayasa lalu lintas yang tengah diterapkan untuk menghindari kepadatan arus wisatawan di tempat wisata.

“Ini bukan macet, ini kita padatkan dulu supaya di dalam sana (red-Anyer) tidak terlalu padat. Jadi ini bukan kemacetan, ini memang kita sekat seperti ini untuk mengurai supaya di dalam tidak terlalu padat,” katanya, Senin (1/1/2024).

Selain melakukan penyekatan di JLS, petugas gabungan yang melakukan pengaturan lalu lintas juga telah menyiapkan sebuah plang bertuliskan informasi tentang kondisi tempat wisata di Anyer.

Apabila kondisi tempat wisata di Anyer telah penuh dan tidak bisa dimasuki lagi oleh para wisatawan, petugas akan meletakkan plang tersebut di tengah jalan.

“Kalau ada aba-aba dari Kapos Pantau yang ada di tempat wisata Anyer itu sudah penuh, plang akan kita taruh tengah. Itu tandanya harus diputarbalik karena sudah tidak mampu lagi wisata Anyer dimasuki pengunjung,” ujar Eko.

Untuk diketahui, meskipun terjadi kepadatan kendaraan di JLS namun arus lalu lintas menuju kawasan wisata Anyer terpantau lancar. (Mg-STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ