Beranda Peristiwa Libur Nataru, Petugas Awasi Lalu Lintas Barang Menuju Sumatera

Libur Nataru, Petugas Awasi Lalu Lintas Barang Menuju Sumatera

Petugas Balai Karantina Pertanian Cilegon memeriksa barang yang hendak menyeberang ke Sumatera - foto istimewa

CILEGON – Balai Karantina Pertanian Cilegon menjamin pelayanan operasional di semua wilayah kerja (Wilker) berjalan normal selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Petugas juga melakukan pengawasan terhadap lalu lintas pengiriman barang perkarantinaan menuju Sumatera melalui Pelabelan Merak maupun Bojonegara.

Kepala BKP Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengatakan, sebagai bentuk dukungan dalam kelancaran lalulintas komoditas pertanian, BKP Cilegon memastikan lalulintas keluar masuk komoditas pertanian yang melalui wilkernya terlayani dengan baik.





“Pihak Karantina Pertanian Cilegon sudah mengantisipasi ini jauh-jauh hari. Pelayanan operasional tetap berjalan normal di saat libur dan cuti bersama akhir tahun,” terang Arum, Jumat (24/12/2020).

Arum menambahkan, hari Kamis (24/12) ini dari wilker Pelabuhan Merak sebanyak 83 sertifikat yang sudah diterbitkan. Terdiri dari 75 sertifikat domestik keluar dan 8 sertifikat domestik masuk. Sedangkan di wilker Bojonegara, sebanyak 4 sertifikat domestik masuk yang berhasil diterbitkan.

Lebih lanjut, Arum menjelaskan, pihaknya menyiagakan petugas piket khusus di libur akhir tahun ini untuk memberikan pelayanan selama 24 jam sehingga pelayanan berjalan normal seperti biasa.

Selain itu, pelayanan karantina berjalan dengan memadukan aktivitas manusia dan perangkat digital. Melalui digitalisasi, pengguna jasa karantina yang akan melalulintaskan komoditas pertanian, dapat melakukannya secara online (daring) melalui PPK (Permohonan Pemeriksaan Karantina) Online.

“Pengguna jasa karantina dapat melaporkan komoditas pertanian yang akan dilalulintaskannya dengan mudah, bahkan di hari libur ini, dengan memanfaatkan PPK Online yang mudah diakses,” pungkas Arum.

(Red)