Beranda Bisnis Libur Nataru, Pengiriman Barang ke Sumatera Lewat Pelabuhan Merak Tetap Padat

Libur Nataru, Pengiriman Barang ke Sumatera Lewat Pelabuhan Merak Tetap Padat

Petugas Karantina Pertanian Cilegon memeriksa barang yang hendak menyeberang ke Sumatera - foto istimewa

SERANG – Pengiriman barang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak tetap ramai meski saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Petugas Karantina Pertanian Cilegon pun memperketat pengawasan.

Seperti kali ini, pejabat Karantina Pertanian Cilegon melakukan sertifikasi pada bawang merah sebanyak 7.000 ton asal Brebes tujuan Mesuji.

“Pemeriksaan karantina berupa pemeriksaan kelengkapan dokumen (surat jalan), pemeriksaan fisik serta pemeriksaan kesehatannya,” jelas Abad, Pejabat Karantina Pertanian Cilegon saat melakukan pemeriksaan, Kamis (25/12/2020).





Menurut Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi selain bawang merah juga pihaknya melakuakan sertifikasi terhadap cabe rawit, bawang putih, buah mangga, buah kelengkeng dan sayuran wortel.

“Sehingga dalam semalam Pejabat Karantina Tumbuhan telah melalukan sertifikasi sebanyak 52 sertifikat yang terdiri dari 51 sertifikat domestik keluar dan 2 domestik masuk,” tambah Arum.

Sedangkan sertifikasi dari seksi Karantina Hewan ada 69 sertifikat yang sudah diterbitkan. Terdiri dari 55 sertifikat domestik keluar dan 14 sertifikat domestik masuk. Adapun komoditasnya berupa sapi potong, susu olahan, daging olahan, keju, yogart dan lain sebagainya.

(Red)