Beranda Pariwisata Libur Idul Adha, Kawasan Wisata Anyer Diserbu Wisatawan

Libur Idul Adha, Kawasan Wisata Anyer Diserbu Wisatawan

Wisatawan padati wisata pantai Anyar, Kabupaten Serang.(Iyus/bantennews.co.id)
Wisatawan padati wisata pantai Anyar, Kabupaten Serang.(Iyus/bantennews.co.id)

KAB. SERANG – Memasuki hari ke-2 cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, kawasan wisata pantai Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, masih diserbu wisatawan baik dari dalam maupun luar Banten. Wisata pantai masih menjadi primadona bagi masyarakat yang ingin berlibur pada momen Idul Adha.

Pantauan bantennews.co.id di lapangan, Sabtu (1/7/2023), arus wisatawan mulai berdatangan di kawasan wisata pantai Anyar dan sejak pagi. Meski begitu, kepadatan wisatawan di areal pantai tidak sepadat ketika Hari Raya Idul Fitri 2023.

Begitu pula untuk arus lalulintas dari kedua arah menuju Cilegon maupun menuju Carita terpantau ramai lancar tanpa ada kepadatan.

Sementara pantauan di kawasan pantai sendiri, tepatnya di Pantai Tambang Ayam, Kampung Cibaru, Desa Bandulu, Kecamatan Anyar, Provinsi Banten, terdapat berbagau macam wahana, seperti banana boat, perahu nelayan, saung untuk pengunjung, kamar bilas, penyewaan ban dan alat surfing hingga motor ATV. Sementara, untuk keramaian pengunjung tidam sepadat pada momen lebaran Idul Fitri pada April 2023 lalu.

Fauzi salah seotang pengunjung warga Depok, Jawa Barat, mengaku kedatangan dirinya ke Pantai Anyar untuk menghabiskan waktu cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri. “Iya kang, libur ke Anyar sama keluarga, sengaja buat habisin waktu libur,” ujar Fauzi kepada bantennews.co.id.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, Al Hamidi mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten targetkan 3,5 juta kunjungan wisatawan selama libur panjang sekolah dan Hari Raya Idhul Adha 1444 H. Sebanyak 98 titik objek wisata favorit di Provinsi Banten sudah bersolek.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemprov Banten meningkatkan kunjungan wisatawan serta dukungan terhadap gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Secara keseluruhan, ada sekitar 300 lebih objek wisata favorit yang menjadi sasaran penataan pada tahun ini dari jumlah objek wisata yang terdata sebanyak 1.088. jumlah itu terdiri dari objek wisata alam, buatan, religi, pantai sampai wisata kuliner,” kata Al Hamidi.

Menurut Al Hamidi, target itu dinilai realistis dan optimis akan tercapai. Apalagi, mengaca pada libur lebaran Idul Fitri 1444 H kemarin, yang realisasi kunjungan kita jauh melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya.

“Momen libur kemarin pasti juga berdampak pada libur sekolah nanti. Apalagi kita juga terus menggiatkan penataan objek wisata favorit seperti di Kabupaten Serang dan Pandeglang,” ujarnya.

Al Hamidi juga memaparkan capaian
realisasi kunjungan wisatawan pada momen Idul Fitri 2023 di Banten mencapai 6 juta orang dari target semula 5 juta kunjungan.

“Itu artinya, objek wisata di Banten ini masih sangat diminati oleh masyarakat. Karena kalau liburan ke Jawa Barat, mereka rata-rata lama di jalan karena macet, sehingga lebih enak ke Banten,” paparnya.

“Makanya yang berwisata ke Banten itu mayoritas pulang pergi, tidak menginap. Itu karena akses jalan di kita sudah enak dan mudah,” sambungnya. (Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini