Beranda Pariwisata Lezatnya Aroma Pindang dan Terasi Goreng di Semangkok Bubur Sop Carita

Lezatnya Aroma Pindang dan Terasi Goreng di Semangkok Bubur Sop Carita

504
0
Bubur sop khas Pandeglang. (Foto : google)

 

Salah satu kuliner khas yang cukup terkenal di wilayah Kecamatan Labuan dan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, adalah bubur sop. Masih banyak warga di kedua kecamatan tersebut yang menjajakan makanan ini, misalnya di Kampung Sawah, Kampung Masjid, Pangeuseupan, Caringin, Cigondang dan Carita.

Kekhasan bubur sop carita adalah pada bahan dasar dan cara pengolahannya. Untuk bubur sop, beras diolah menjadi bubur dengan dicampur dengan bahan baku sayurbsop, seperti kol, wortel, buncis, dan daun bawang. Selain itu ditambahkan pula dengan potongan daun melinjo muda.

Bubur sop lebih nikmat disajikan dalam kondisi masih hangat. Sebagai pelengkap bubur ini diberi suwiran ikan pindang goreng dan pilus cikur. Aroma bubur sop ini semakin menggugah dengan tambahan kuah dari kaldu pindang dan terasi goreng yang dicampur merah.

Harga semangkuk bubur sop ini hanya sekitar Rp5 ribu. Biasanya bubur ini banyak diburu pembeli saat jam makan siang. Saat bulan Ramadan, makanan hangat ini juga menjadi incaran warga sebagai salah satu menu buka puasa. (ink/red)