Beranda Peristiwa Lestarikan Alam, 10 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Desa Ketapang Tangerang

Lestarikan Alam, 10 Ribu Pohon Mangrove Ditanam di Desa Ketapang Tangerang

Penanaman bibit mangrove ditanam di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Minggu (28/11/2021).

KAB. TANGERANG – Sebanyak 10 ribu bibit mangrove ditanam di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Minggu (28/11/2021). Penanaman ini masuk pada program PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam rangka menyambut Bulan Menanam Pohon Nasional pada Desember 2021 dan menyukseskan Gerakan Kolaborasi BUMN Hijaukan Indonesia.

Tujuannya, untuk melestarikan alam, lingkungan sehat dan bersih, serta mewujudkan penyerapan polusi udara dari tanaman mangrove. Kegiatan ini juga diharapkan untuk mencapai target emisi nol pada tahun 2060 serta untuk menjawab isu dekarbonasi.

Sekretaris Perusahaan PNM, L Dodot Patria Ary menjelaskan,  kegiatan menanam 10 ribu pohon mangrove merupakan bentuk dukungan BUMN untuk penghijauan Indonesia. Harapannya, semua bibit dapat tumbuh dengan baik dan ke depannya akan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

“Penanaman ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup, khususnya di wilayah pesisir sehingga ekosistem yang ada di pesisir pantai dapat lestari dan memberi manfaat bagi warga sekitar,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Dia berharap warga dan seluruh elemen masyarakat sekitar turut menjaga dan merawat kelestarian tanaman mangrove sehingga manfaatnya dapat dirasakan bersama.

Kepala Seksi Teknologi Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika mengatakan penghijauan yang diselenggarakan dapat bermanfaat dari sisi ekologis dan ekonomis untuk mendukung kegiatan BUMN dalam gerakan hijaukan Indonesia. “Serta dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh lingkungan sekitar Desa Ketapang, Mauk Tangerang,” ucapnya.

Penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 10.000 pohon, termasuk 5.000 batang pohon jenis R. Stylossa dan 5.000 batang jenis A. Marina.

Secara terpisah Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jainudin menyambut baik dan mendukung apa yang dilaksanakan oleh PNM dan mengharapkan seluruh stakeholder ikut peduli dengan pesisir dan masyarakat perikanan.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini