Beranda Gaya Hidup Lengkapi Peralatan Vlog Kamu dengan 5 Mirrorless Kece Ini

Lengkapi Peralatan Vlog Kamu dengan 5 Mirrorless Kece Ini

275
0
Ilustrasi - foto istimewa priceprice.com

SERANG – Mau mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah hanya melalui unggahan video? Kamu bisa lho menjadi miliarder dengan mengunggah video ke kanal Youtube. Kamu cukup memanfaatkan adsense yang diberikan Youtube untuk video dengan jumlah penonton yang banyak.

Adsense diberikan Youtube kepada pengunggah video populer sejak tahun 2013. Tawaran yang menggiurkan ini pun melahirkan banyak vlogger dengan kreasi video yang beragam. Profesi vlogger pun perlahan mencuat menjadi profesi yang diimpikan generasi milenial.

Namun, menjadi vlogger sukses jelas tidak mudah. Kamu bisa saja menghasilkan video sebanyak mungkin, tapi kualitas konten dan video tetap harus diperhatikan agar video kreasi kamu menarik perhatian netizen.

Nah, bagaimana sih membuat vlog yang menarik mata penonton?

Pertama, kamu harus menempatkan diri untuk menjadi spesialisasi di bidang apa. Apakah kamu vlogger makanan? Travel? Atau spesialisasi kamu adalah unboxing alat elektronik? Setelah kamu mendapatkan identitas diri, tentukan ide unik untuk video kamu.

Untuk pemula, ada baiknya kamu menuangkan ide dan jalan cerita dalam bentuk tulisan atau storyboard. Sehingga proses syuting berjalan lebih smooth karena kamu sudah memiliki acuan yang pasti.

Setelah menemukan ide cerita, kamu harus menyiapkan peralatan syuting. Tak perlu membayangkan kerumitan syuting selayaknya produksi sebuah film, untuk menghasilkan sebuah video vlog kamu nggak perlu banyak peralatan kok.

Kamu bisa menggunakan ponsel untuk merekam video, namun untuk kualitas lebih bokeh ada baiknya kamu menggunakan kamera video. Faktor tangkapan suara yang lebih jernih juga menjadikan kamera video pilihan tepat dibandingkan ponsel karena adanya jack untuk microphone tambahan. Pilihan kamera video yang sedang nge-tren adalah mirrorless.

Banyak vlogger menggunakan mirrorless karena kualitasnya tak kalah dengan DSLR, namun bentuknya lebih ringan dan praktis. Mirrorless sendiri adalah DSLR yang tidak memiliki pemantul cahaya (mirrorbox). Karena tanpa mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optik, maka ukuran mirrorless lebih kecil ketimbang DSLR.

Namun, kamu jangan khawatir kualitas videonya menurun. Mirrorless memiliki autofokus yang lebih akurat karena menggunakan teknik contrast detect secara langsung melalui gambar yang ditangkap sensor gambar utama.

Meski berukuran kecil, lensa mirrorless juga bisa diganti-ganti selayaknya DSLR. Untuk panduan kamu memilih mirrorless yang oke buat nge-vlog, berikut 5 mirrorless pilihan seperti diulas Priceprice.com.

1. Canon EOS M6 Mark II

Mungil dan ringan untuk dibawa traveling sembari nge-vlog. Meski mungil, Canon EOS M6 Mark II dilengkapi resolusi tinggi 32.5 megapiksel. Terdapat socket untuk microphone, dan dilengkapi Dual Pixel CMOS AF.

2. Panasonic Lumix G90/G95

Dilengkapi resolusi 20.3 megapiksel, monitor 3.0 inci dengan sensor touchscreen. Terdapat juga feature rekaman V-log dan terkoneksi dengan Wi-Fi dan Bluetooth.

3. Fujifilm X-T30

Fujifilm X-T30 memungkinkan kamu untuk merekam video 4K dalam 30fps dan DCI4K melalui HDMI. Dilengkapi resolusi 26.1 megapiksel.

4. Sony α6600 ILCE-6600M

Dilengkapi resolusi 24 megapiksel dan prosessor gambar BIONZ X. Layar preview berukuran 3.0 inci dan bisa diputar ke depan untuk selfie. Memiliki sistem autofocus 425 titik yang mencakup 85 persen gambar.

5. Sony α6100 ILCE-6100L

Sama seperti Sony α6600, Sony α6100 beresolusi 24 megapiksel dengan prosesor gambar BIONZ X. Bedanya, tidak dilengkapi in-body image stabilization dan ISO sebesar 512.000.

(Red)