Beranda Olahraga Legenda Sepakbola Pele Meninggal Dunia

Legenda Sepakbola Pele Meninggal Dunia

Pesepak bola legendaris asal Brasil, Pele saat menghadiri konferensi pers di Hotel Lutetia, Paris pada 2 April 2019. ((Frack Fife, AFP).)

BRAZIL – Neymar memimpin penghormatan untuk legenda sepak bola Brazil Pele yang meninggal dunia pada Kami (29/12/2022). Bintang Paris Saint Germain tersebut mengatakan bahwa Pele yang ikonik telah mengubah cabang olahraga ini “menjadi seni”.

Pele meninggal dunia pada usia 82 setelah menderita “kegagalan banyak organ tubuh” setelah pertempuran panjang dengan kanker.

Dijuluki “O Rei” (Sang Raja), Pele mencetak lebih dari 1.000 gol sebelum pensiun pada tahun 1977.

Neymar, pemain depan yang juga dari Brasil, memuji Pele sebagai satu-satunya orang yang memenangkan tiga Piala Dunia, dalam sebuah posting media sosial di samping dua foto dirinya dengan sang legenda.

“Sebelum Pele, ’10’ hanyalah angka,” tulis pewaris nomor punggung Pele yang terkenal itu di Instagram, seperti dikutip AFP.

“Tapi kalimat indah itu tidak lengkap. Saya bisa mengatakan bahwa sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan… Sepak bola dan Brazil memperoleh status berkat sang Raja. Dia telah pergi, tetapi keajaibannya akan tetap ada. Pele adalah ABADI!”

Seperti Pele, striker Prancis Kylian Mbappe menjadi bintang setelah memenangkan Piala Dunia di usia muda pada 2018.

Pele men-tweet ucapan selamat kepada Mbappe ketika pemain berusia 19 tahun itu menjadi remaja pertama yang mencetak lebih dari satu gol dalam pertandingan Piala Dunia — melawan Argentina di Piala Dunia 2018 — sejak dua gol Pele ketika bersama timnas Brazil melawan Swedia di final 1958.

“Raja sepak bola telah meninggalkan kita tetapi warisannya tidak akan pernah dilupakan. RIP RAJA,” cuit penyerang PSG Mbappe, yang mencetak hat-trick dalam kekalahan Prancis melawan Argentina di final Piala Dunia awal bulan ini. (Red)