Beranda Pariwisata Legenda Sangkuriang di Wisata Pantai Tanjung Layar

Legenda Sangkuriang di Wisata Pantai Tanjung Layar

Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak - foto istimewa liputan6.com

Ada banyak pantai cantik di Provinsi Banten. Selain Anyer, Banten memiliki Pantai Tanjung Layar yang nggak kalah menawannya.

Banyak yang mengenal pantai satu ini karena kisah legenda Sangkuriang. Maklum, sepasang gunung batu karang yang berada di tengah Pantai Tanjung Layar diyakini sebagai layar dari perahu Sangkuriang.

Seperti yang diketahui, Sangkuriang diminta oleh sang ibu, Dayang Sumbi untuk membuat sebuah telaga lengkap dengan perahu dalam waktu satu malam sebagai syarat menikahinya.

Namun, lantaran gagal, Sangkuriang yang kesal melepas layar kapal dan melemparnya ke bagian selatan Pulau Jawa. Sedangkan, perahunya sendiri di lempar ke utara yang berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Terlepas dari dongeng legendaris tersebut, Pantai Tanjung Layar menawarkan panorama alam yang mengaggumkan. Terletak di Sawarna, Lebak, Pantai Tanjung Layar menarik perhatian lewat hamparan karang yang unik.

Digempur ombak khas Laut Selatan Jawa, karang-karang ini mampu menciptakan cipratan air yang memukau. Cocok buat kamu yang doyan fotografi alam, khususnya wilayah pesisir.

Daya tarik lain dari Pantai Tanjung Layar adalah sunset-nya. Kamu bisa mengajak keluarga menyaksikan semburat merah di langit saat matahari tenggelam, ditemani cuaca sejuk khas senja yang nggak boleh dilewatkan. (Red)

Sumber : pegipegi.com