Beranda Pemerintahan Leekraf Lebak Gelar Lomba Masak Ikan dari Sungai Ciujung

Leekraf Lebak Gelar Lomba Masak Ikan dari Sungai Ciujung

Ibu2 ikuti lomba masak. (Sandi/bantennews)

LEBAK– Dalam memperingati Hari Nasional (Harnas) UMKM, Komunitas Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) yang bekerjasama dengan Pemkab Lebak menggelar perlombaan cipta kuliner dari olahan ikan dari Sungai Ciujung, Munggu (21/8/2022).

Ketua Leekraf Lebak, Andi Yuliandi mengatakan, perlombaan ini terdiri dari berbagai macam ikan yang berada di Sungai Ciujung antara lain, Ikan Sidat, Ikan Gabus, Ikan Benteur, Ikan Caung dan Ikan Rarancak yang disiapkan oleh panitia untuk diolah oleh para peserta.

“Yang akan menjadi juara di lomba memasak ini akan kita promosikan dan patenkan kulinernya sebagai kuliner Kabupaten Lebak,” kata Andi.

Ia menjelaskan, untuk para peserta dari lomba memasak ini sebagian besar adalah warga Lebak yang memang permukimannya di wilayah Sungai Ciujung dan Ciberang.

“Sungai Ciujung dan Ciberang ini kan melintasi wilayah Kabupaten Lebak, jadi banyak masyarakat yang hadir yang memang tinggalnya juga tidak jauh dari sekitar sungai, jadi mereka antusias datang kesini untuk mengikuti perlombaan memasak,” ujarnya.

Sementara itu, Dede Fauziah salah satu peserta lomba masak mengungkapkan, jika dirinya ikut lomba cipta kuliner masak ikan Sungai Ciujung ini bersama saudaranya.

“Kuliner yang dibuat yakni Tempura Ikan Saus Bendera, yang bahanya dari ikan Rarancak atau Benteur. Jadi karena ini bulan kemerdekaan, jadi saya menciptakan kuliner yang mengangkat kemerdekaan juga,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ