Beranda Pendidikan Lebak Siap Menjadi Kabupaten Literasi

Lebak Siap Menjadi Kabupaten Literasi

LEBAK – Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menghadiri sekaligus membuka rangkaian event Kemah Wisata Api Literasi bertempat di Lapangan Desa Ciparasi Kecamatan Sobang, Lebak, Banten, Sabtu (27/7/2019).

Acara tersebut akan digelar selama empat hari dari tanggal 26 – 29 Juli 2019 dan diikuti oleh kurang lebih 400 orang dari 110 komunitas penggiat literasi dari dalam dan luar daerah Lebak.

Wakil Bupati Lebak dalam sambutannya mengatakan kemah wisata api literasi yang di selenggarakan saat ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa masyarakat, khususnya para penggiat literasi merasa terpanggil untuk bergerak dan berupaya mendorong terwujudnya masyarakat Lebak yang cerdas dengan membaca.

Melalui literasi ini, Ade berharap destinasi wisata tidak hanya sekedar dinikmati suasananya semata, tapi juga harus memiliki unsur informasi dan edukasi dari destinasi wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan.

“Kami yakin api literasi yang telah menyala di Kabupaten Lebak ini, akan terus membesar dan
berkobar mendorong terwujudnya Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional dan kami pemerintah daerah siap menjadikan lebak menjadi Kabupaten Literasi,” ungkap Ade.

Terkait semangat literasi, Ade meminta seluruh jajaran terkait untuk mempelajari langkah-langkah strategis dan unsur-unsur yang harus terpenuhi agar Lebak dapat menjadi Kabupaten Literasi.

“Pemerintah Kabupaten Lebak melalui dinas kearsipan dan perpustakaan akan berusaha menjalin kerjasama dengan seluruh penggiat literasi di dalam maupun di luar Kabupaten Lebak,” kata Ade.

Mewakili Kepala Badan Bahasa dan Perbukuan Koordinator Gerakan Literasi Nasional, M. Luthfi Baihaqi selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten mengatakan dipilihnya Desa Ciparasi sebagai tempat kemah literasi saat ini adalah bentuk membangun semangat literasi dari pelosok desa.

“Kami berharap sinergi seluruh komponen masyarakat dalam membangun budaya literasi seperti yang dilaksanakan saat ini, bisa terus berjalan tanpa henti tanpa ada batas waktu,” ujar Luthfi. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini