Beranda Peristiwa LAZ Harfa Cilegon Bantu Korban Kebakaran TPSA Bagendung

LAZ Harfa Cilegon Bantu Korban Kebakaran TPSA Bagendung

Relawan LAZ Harfa saat memberi bantuan dan trauma healing untuk korban kebakaran TPSA Bagendung. (Foto : ist)

CILEGON – LAZ Harfa memberikan bantuan kepada para pengungsi korban terdampak kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon.

Akibat kebakaran ini lingkungan sekitar menjadi gelap dan tertutup oleh asap yang begitu pekat, sehingga mengharuskan warga yang tingal di sekitar lokasi TPSA untuk mengungsi di tempat yang lebih aman.

Peristiwa tersebut tidak luput dari perhatian LAZ Harfa, lembaga zakat yang konsen dalam aksi kemanusiaan. Mukarromi Maksum, Kepala Cabang LAZ Harfa Cilegon, mengatakan pihaknya langsung bergerak setelah mendapat informasi kebakaran TPSA Bagendung.

“Setelah mendapat kabar adanya kebakaran, tim LAZ Harfa langsung bergerak untuk melakukan aksi asesmen darurat di lokasi kejadian,” ujarnya melalui siaran tertulis, Sabtu (10/8/2019).

Setelah aksi asesmen dilakukan LAZ Harfa mengirimkan bantuan logistik dan melakukan program trauma healing untuk memberikan keceriaan pada anak-anak yang turut menjadi pengungsi.

“Kami salurkan bantuan berupa kebutuhan darurat seperti makanan pokok dan obat-obatan kebutuhan balita, kita ketahui bersama pengungsi adalah korban terdampak dari kebakaran TPSA, selain itu juga kami hadirkan relawan pendongeng nasional untuk mengisi program trauma healing pada anak-anak yang mengungsi,” katanya

Mukarromi berharap kejadian tersebut tidak terulang, dan mengajak masyarakat berhati-hati dalam melakukan pembakaran di musim kemarau.

“Tentu kami bersyukur kami bisa ikut membantu para pengungsi dengan logistik yang sudah kami serahkan, dan kami ucapkan pada seluruh donator serta relawan yang ikut serta pada aksi ini dan berharap kebakaran tidak terjadi lagi. Kita semua harus mengambil pelajaran untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan api, sehingga tidak berisiko kebakaran,” terangnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini