Beranda Peristiwa LAZ Harfa Beri Bantuan untuk Sekolah yang Rusak Akibat Gempa

LAZ Harfa Beri Bantuan untuk Sekolah yang Rusak Akibat Gempa

Relawan LAZ Harfa menyerahkan bantuan untuk perbaikan sekolah. (Foto : ist)

 

PANDEGLANG – Sekolah adalah tempat belajar dan mendidik anak-anak agar memiliki akhlak yang baik, sopan santun dan berwawasan luas. Gempa bumi di Banten yang terjadi pada Jumat, 2 Agustus 2019 lalu dengan kekuatan 6,9 SR menyebabkan beberapa kerusakan baik pada unit rumah, sekolah bahkan bangunan lainnya.

Selain itu, gempa juga menyisakan rasa sedih bagi anak-anak dan guru di beberapa sekolah yang terkena dampak, pasalnya sekolah mereka rusak  dan menyebabkan beberapa kelas tidak bisa digunakan kembali untuk belajar.

LAZ Harfa sebagai lembaga kemanusiaan di Banten turut terjun ke lapangan untuk membantu para korban gempa khususnya di wilayah Pandeglang yang terkena dampak paling parah. Selain memberikan bantuan pada tanggap bencana, LAZ Harfa juga memberikan bantuan bagi sekolah-sekolah  yang ambruk pasca gempa yang terjadi. Salah satunya yaitu MI Darul Huda di Kampung Gunung Jalu Desa Cikumbuen, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Selasa (6/8/2019).

Indah Prihanande selaku Direktur LAZ Harfa mengungkapkan bahwa memang kejadian gempa di Banten ini tak bisa dianggap biasa, kekuatan 6,9 SR banyak menyebabkan kerusakan bangunan termasuk yang paling penting ada pada sektor pendidikan, karena ini menyangkut kebutuhan anak-anak dalam proses belajarnya.

Indah juga menambahkan bahwa kerusakan untuk unit rumah akan dibantu langsung oleh pemerintah setempat, akan tetapi untuk bangunan sekolah belum ada bantuan sama sekali, sehingga dirinya dan juga LAZ Harfa langsung terjun untuk membantu memperbaiki sekolah yang ambruk kemarin. Total sekolah yang terdampak gempa terdapat 5 sekolah yang rusak.

Selain bantuan perbaikan untuk sekolah, LAZ Harfa juga melaksanakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak di MI Darul Huda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, kepercayaan diri dan memulihkan kembali kondisi psikologis anak-anak.

“Alhamdulillah, pemberian ini sangat bermanfaat untuk kami. Sejak gempa kemarin, ruangan kelas yang ambruk sudah tak kami gunakan, kami akhirnya membuat 1 ruangan kelas untuk 2 kelas sekaligus. Semoga dengan adanya bantuan perbaikan ini anak-anak di sekolah semakin semangat belajar,” ungkap Alpiah selaku Kepala  MI Darul Huda.

Untuk anda yang ingin membantu sekolah-sekolah yang ambruk akibat gempa bumi, anda bisa salurkan bantuan terbaik melalui transfer donasi di BNI Syariah 0264089319 dan BRI 008401000593562 an. Yayasan Harapan (Tambahkan kode Rp. 333,- dibelakang donasi). Konfirmasi donasi melalui 0812-8707-4484. (Ink/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini