Beranda Bisnis Layani Kesehatan, Rail Clinic PT KAI Sambangi Stasiun Pesisir Kota Serang

Layani Kesehatan, Rail Clinic PT KAI Sambangi Stasiun Pesisir Kota Serang

96
0
Pelayanan kesehatan di rail clinic. (Ade/bantennews)

SERANG – Kereta kesehatan milik PT Kereta Api Indonesi (KAI) atau yang disebut Rail Clinic difungsikan untuk memberikan pelayanan kesehatan. Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Kali ini Rail Clinic hadir memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar wilayah stasiun pesisir Karangantu, tepatnya di daerah Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Selain pelayanan kesehatan gratis, akan dibagikan pula 45 kacamata kepada siswa SDN Karangantu, sosialisasi tentang keselamatan perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daops 1 Jakarta, khususnya di lintas Serang – Merak, serta pembagian 200 paket sembako bagi warga setempat.

‚ÄĚJadi, pelayanan kesehatan gratis yang dapat dinikmati masyarakat di dalam Rail Clinic ini adalah layanan kesehatan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium sederhana, serta pelayanan kefarmasian. Kami berharap kegiatan bakti kesehatan ini mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, serta menambah pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya bersama sama menjaga keselamatan perjalanan kereta api melalui sosialisasi yang diberikan,” jelas Dadan Rudiansyah, Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta di sela-sela kunjunganya ke Stasiun Karangantu, Selasa (7/8/2018).

Dalam kegiatan yang digelar untuk ketiga kalinya pada tahun ini, tim kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta menargetkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada 250 orang, dimana sebelumnya telah dilakukan pendataan dan pendaftaran kepada masyarakat. Dalam proses itu PT KAI Daop 1 Jakarta telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Serang, dan Puskemas Kecamatan Kasemen.

Pada kegiatan kali ini, PT KAI menyiagakan tim kesehatan sebanyak 22 personel, terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 2 perawat gigi, 2 bidan, 1 tenaga optik, 10 perawat umum, dan 2 apoteker.

Selain menghadirkan Rail Clinic, PT KAI Daop 1 Jakarta juga menyiapkan Rail Library dimana di dalamnya terdapat sekitar 6 ribu buku manual dengan beragam buku untuk anak-anak sampai pengetahuan umum untuk dewasa. Masyarakat yang ingin menambah berbagai pengetahuan dengan membaca dapat mengunjungi kereta ini secara gratis juga.

Selain buku manual, juga tersedia berbagai fasilitas modern seperti e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak. Dan selanjutnya Rail Clinic ini akan menyambangi Stasiun Kosambi. (Dhe/Red)