Beranda Kesehatan Layanan BPJS Kesehatan Disorot, Seberapa Penting Miliki Asuransi Kesehatan?

Layanan BPJS Kesehatan Disorot, Seberapa Penting Miliki Asuransi Kesehatan?

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Belum lama ini, beredar sebuah konten di media sosial yang membagikan momen beberapa orang tenaga kesehatan (Nakes) saat melakukan diskriminasi terhadap pasien BPJS Kesehatan. Karena hal itu, layanan BPJS Kesehatan jadi sorotan.

Beredarnya konten yang menunjukkan kesenjangan pelayanan kepada pasiennya itu mencoreng nama BPJS Kesehatan. Padahal, banyak pasien BPJS Kesehatan terbantu layanan kesehatan yang disediakan pemerintah ini lantaran banyaknya penyakit yang ditanggung.

Seperti diketahui, BPJS Kesehatan merupakan program wajib dari pemerintah untuk melindungi kesehatan warga Indonesia. Hal itu seperti yang tertera dalam UU No.40 Tahun 2004, di mana pemerintah mengatur layanan kesehatan BPJS Kesehatan bagi seluruh warganya.

Dengan BPJS Kesehatan, maka seluruh warga Indonesia bisa memanfaatkannya jika perlu berobat ke puskesmas, klinik atau rumah sakit. Jika harus menjalani perawatan kesehatan ke rumah sakit, maka peserta BPJS harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama terlebih dahulu, yaitu tingkatan puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga.

Meski meringankan keuangan nasabahnya saat tengah terkena musibah penyakit, sistem rujukan berjenjang yang diterapkan BPJS Kesehatan membuat layanan kesehatan satu ini kurang sefleksibel asuransi kesehatan.

Untuk itu, Lifepal sebagai salah satu marketplace asuransi terpercaya di Indonesia mengungkapkan beberapa alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan sebagai pelengkap BPJS Kesehatan. Berikut ini penjelasan dari Benny Fajarai, Co-Founder yang juga CMO Lifepal.co.id.

Mengetahui Lebih Jauh Layanan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Kesehatan menyediakan layanan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rawat inap, operasi, dan sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa layanan BPJS Kesehatan yang dapat diperoleh:

●      Pelayanan kesehatan dasar seperti puskesmas, dokter keluarga, dan poliklinik

●      Rawat jalan di rumah sakit

●      Rawat inap di rumah sakit

●      Tindakan medis seperti operasi dan lainnya

●      Pengobatan spesialis

●      Program kesehatan ibu dan anak

●      Program penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, kanker, dan sebagainya.

Memiliki BPJS Kesehatan dapat memastikan masyarakat memperoleh akses pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya mahal. BPJS Kesehatan juga membantu masyarakat yang tidak mampu membayar biaya kesehatan secara pribadi agar tetap dapat memperoleh akses ke layanan kesehatan yang baik.

Namun, BPJS Kesehatan sering dianggap pilih kasih karena tidak semua layanan dan obat-obatan yang dibutuhkan pasien dapat ditanggung layanan kesehatan satu ini.

Tak hanya itu saja, beberapa rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan juga seringkali dianggap memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan layanan kesehatan ini.

Memaksimalkan Layanan BPJS Kesehatan

Lantaran dianggap kerap kali pilih kasih dan kurang sefleksibel asuransi kesehatan, maka penting mengetahui bagaimana cara memaksimalkan layanan BPJS Kesehetan.

Buat mengetahui cara memaksimalkannya, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

●      Ketahui fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan pilihlah fasilitas dengan kualitas baik

●      Pastikan Anda memahami ketentuan dan prosedur yang berlaku saat menggunakan layanan BPJS Kesehatan

●      Pilihlah program kesehatan yang sesuai kebutuhan Anda

●      Segera laporkan jika terjadi masalah atau keluhan dalam penggunaan layanan BPJS Kesehatan

●      Jangan ragu bertanya kepada petugas BPJS Kesehatan jika memerlukan informasi atau bantuan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Jika BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan wajib dari pemerintah, asuransi kesehatan menjadi produk perlindungan kesehatan swasta yang diperuntukkan bagi diri sendiri dan keluarga.

Memiliki asuransi kesehatan di luar BPJS Kesehatan dapat membantu memperoleh perlindungan kesehatan lebih komprehensif dan fleksibel.

Pasalnya, asuransi kesehatan dapat menawarkan manfaat tambahan seperti perlindungan untuk perawatan gigi, pengobatan alternatif, rawat jalan, rawat inap di luar negeri, dan sebagainya.

(Red)

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini