Beranda Nasional Lawatan ke Korea, Presiden Jokowi Takjub dengan ‘Kampung’ Warna-warni

Lawatan ke Korea, Presiden Jokowi Takjub dengan ‘Kampung’ Warna-warni

Foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Korea Selatan. Dalam kunjungannya itu pria yang akrab disapa Jokowi mampir ke

Desa Gamcheon. Jokowi takjub dengan perubahan wilayah tersebut.

Melalui akun Facebook resminya Jokowi membagikan cerita.

“Desa Gamcheon tadinya adalah kampung yang kumuh di Busan, Korea Selatan. Sudah kumuh, lokasinya pun sulit: di lereng gunung yang curam. Sampai kemudian desa ini berbenah, ditata, diberdayakan”

“Jadilah Gamcheon Culture Village sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai, bahkan dikenal dengan sebutan “Machu Picchu-nya Busan”.

“Mengisi hari Minggu di Busan, saya mengunjungi desa budaya Gamcheon selepas siang tadi. Luar biasa. Rumah-rumah yang dicat berwarna-warni, dinding-dindingnya dihiasi beragam karya seni seperti mural. Jalan-jalan dan lorongnya yang sempit dipenuhi toko cenderamata, galeri seni, dan tempat makan,”

“Dari sebuah kafe di ketinggian, saya dan Ibu Negara menikmati pemandangan atap-atap bangunan yang seolah bertumpuk seraya menikmati makanan khas Korea Selatan,”

“Penataan Desa Gamcheon mengingatkan saya model serupa di Tanah Air seperti yang ada di Klaten, Yogyakarta, atau di Nglanggeran, Gunung Kidul.

Gamcheon bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah kita, bagi kampung-kampung kita, bagi desa-desa kita, bahwa yang kumuh pun kalau ditata dengan baik, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini