Beranda Pemilu 2024 Lawan Sibuk Daftar KPU, Prabowo Malah Belum Umumkan Cawapres

Lawan Sibuk Daftar KPU, Prabowo Malah Belum Umumkan Cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat melihat kuda di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/6/2022). (Tim media Prabowo Subianto).

BANTEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Di hari pertama, Kamis (19/10/2023) dua pasangan telah resmi mendaftar, mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dengan asumsi tiga pasangan calon yang sudah ramai dibahas, tinggal Prabowo Subianto yang belum mendaftar. Bakal calon dari Koalisi Indonesia Maju ini bahkan sampai saat ini belum juga mengumumkan siapa bakal cawapres yang akan mendampinginya.

Sebelumnya telah ramai nama Gibran Rakabuming Raka yang bakal dipinang, namun belum juga ada kejelasan. Belakangan, sosok Erick Thohir tampak menguat dengan munculnya kabar ia sudah mengurus SKCK.

Prabowo Subianto sebelumnya telah menegaskan, bahwa ia tidak mau terburu-buru menentukan bakal cawapres. Ia terlebih dahulu akan mengumpulkan dan mendengarkan masukan dari para ketum parpol koalisi.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan, bahwa jagoan munculnya memang belakangan.

“Kalau jagoan kan munculnya belakangan, silakan yang lain gas, nanti udah berjalan baru Pak Prabowo main ya insyaAllah ya,” kata Habiburokhman dalam diskusi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Habiburokhman menyoroti pendaftaran capres dan cawapres pada hari pertama di KPU. Ia menilai tidak ada getaran dari suasana pendaftaran hari ini.

“Jadi biasa saja, alam semesta menyambutnya tidak gegap gempita pendaftaran hari ini,” kata Habibruokhman.

Menurutnya masyarakat juga tidak memperbincangkan mengenai pendaftaran di KPU.

“Jadi nggak ada getaran pak yang sekarang ini. Alam semesta itu biasa saja di masyarakat tuh nggak ada perbincangan yang terlalu ini terhadap pendaftaran hari ini. Saya nggak tahu yang mendaftar hari ini siapa saja,” ujarnya.

Di saat dua ‘musuh’-nya sibuk mendaftar ke KPU, kubu Prabowo hingga KPU membuka hari pertama pendaftaran capres-cawapres, belum juga menentukan siapa calon pendamping di Pilpres 2024.

Ditanya soal siapa bacawapres Prabowo, Sekjen Ahmad Muzani baru sebatas memberikan kisi-kisi terkait sosok cawapres. Kisi-kisi itu, di antaranya anak muda, berpengalaman di pemerintahan, dan Stasiun Balapan.

Sementara itu, Prabowo mengaku tidak ingin terburu-buru dalam menentukan pendampingnya.

Ojo kesusu, ojo grusa grusu,” kata Prabowo beberapa hari lalu. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini