Beranda Hukum Lapas Cilegon Kenalkan Layanan Drive Thru Untuk Pengunjung Warga Binaan

Lapas Cilegon Kenalkan Layanan Drive Thru Untuk Pengunjung Warga Binaan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, R. Andika Dwi Prasetya meresmikan pengoperasian La-Goon Moda. (Gilang)

CILEGON – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, R. Andika Dwi Prasetya me-launching pengoperasian La-Goon Moda, sebuah moda transportasi untuk melayani kunjungan keluarga warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Cilegon, Senin (10/8/2020).

Ini adalah produk layanan kunjungan dengan konsep drive thru, dimana Lapas Cilegon menyiapkan mobil yang dapat dinaiki pengunjung secara gratis dari mulai pintu masuk Lapas menuju ruang kunjungan untuk bertatap muka dari jendela dengan warga binaan.

“Ini inovasi yang pertama di Banten dan juga Indonesia ya. Ini memudahkan pelayanan yang dilakukan oleh Lapas Cilegon sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat,” ujar Andika.

Menurutnya, selain inovasi, layanan dalam bentuk ketersediaan mobil bagi pengunjung dengan empat baris tempat duduk itu merupakan upaya lain Lapas Cilegon menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Terutama di tengah masa pandemi Covid-19 ini dimana kunjungan secara konvesional untuk bisa kontak langsung dibatasi.

“Tapi Lapas Cilegon ngga habis akal untuk terus berinovasi, mudah-mudahan membawa manfaat pada keluarga warga binaan. Paling tidak kami selama ini sudah menerapkan metode kunjungan online. Tapi kan berbeda dengan halnya kalau keluarga melihat langsung kerabatnya. Karena akan berdampak positif pada psikologis, ketika keluarga dapat dilihat langsung dalam keadaan sehat. Beda halnya kalau dengan video call ya,” imbuhnya.

Sementara Kepala Lapas Kelas IIA Cilegon, Masjuno mengatakan jadwal layanan operasional drive thru tersebut akan rutin dilaksanakan setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 09.00 sampai dengan pemesanan terakhir pukul 15.30 WIB.

“Kapasitas kendaraan tiga keluaga ya, dengan waktu kunjungan secara dinamis di lapangan. Kendaraan ini merupakan CSR dari Koperasi dan kita berharap ke depan akan mendorong partisipasi pihak swasta. Karena sejauh ini kita masih menyiapkan satu kendaraan,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini