Beranda Gaya Hidup Lakukan Hal Ini Supaya Lebih Rajin Belajar dan Mengusir Rasa Malas!

Lakukan Hal Ini Supaya Lebih Rajin Belajar dan Mengusir Rasa Malas!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Para pelajar biasanya dirundung malas. Kebiasaan buruk yang satu ini emang paling berbahaya sekaligus jadi musuh terberat nih dalam perjalanan menuntut ilmu.

Tapi tenang saja, sekarang kamu bisa menyimak 6 hal di bawah ini untuk mengusir rasa malas. Kira-kira kamu udah pernah coba nomor berapa, guys?

1. Temukan akar penyebabnya

Yang pertama adalah mencari tahu apa penyebab kamu malas. Bisa karena terlalu giat belajar tanpa jeda hingga akhirnya malas, adanya gangguan, dan berbagai penyebab lainnya.

Yang paling sering jadi penyebab di generasi anak muda zaman sekarang sih sepertinya gadget dan sosial media, nih. Setuju?

2. Ingatlah tujuan awal kenapa kamu harus banget belajar

Kamu harus paham betul apa tujuan akhir kamu selama perjalanan ini. Belajar adalah proses yang menuntunmu untuk menjadi ‘sesuatu’ di kemudian hari.

Coba tulis dan pajang secara jelas apa tujuan atau cita-citamu yang mengharuskanmu giat belajar. Biar semangat!

3. Istirahatlah sejenak

Gak sedikit dari pelajar yang suka atau hobi banget belajar. Sampe kadang mereka lupa untuk memberi jeda dan akhirnya jenuh. Kalau begini artinya rasa malas belajarmu muncul karena perasaan lelah akibat terlalu banyak belajar.

4. Mencari cara yang lebih efektif saat belajar

Belajar bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan ketika kamu bisa menemukan cara ternyaman untuk melakukannya. Kenali diri dan potensi yang kalian punya, dengan begitu gak sulit buat kamu mencintai rutinitas wajib yang satu ini.

Bisa dengan mencari tahu seperti apa tipe kalian dalam belajar (apakah visual, kinestetik atau auditorial), waktu kalian belajar (pagi, siang, sore atau malam) dan caramu belajar(individu, dalam keheningan atau diskusi bersama teman).

5. Beri sebuah motivasi pada diri sendiri

Nah, yang ini penting banget. Kamu harus bisa memotivasi diri saat berjuang menggapai cita-cita dengan belajar. Kamu adalah nakoda dari hidupmu sendiri. Arahkan langkah yang kalian pilih ke jalur yang tepat, jangan mudah menyerah dan terus bangkit meski rasa malas menghadang.

6. Membayangkan apa yang akan kamu capai atau hasilkan

Berimajinasi tentang bagaimana kehidupan kita nanti saat sukses ternyata bisa membuat rasa malas pergi menjauh nih. Tindakan ini bisa memicu semangat dan membuatmu bergerak lebih cepat dalam belajar. Sebab kamu tak sabar menanti hari dimana kalian bisa menikmati hasil dari usaha yang telah dilakukan selama ini.

Saat kita berjuang memang selalu ada batu kerikil yang berusaha menggagalkan. Tapi dengan tekad dan usaha yang giat sebesar apapun kerikil yang tersebar kamu gak layak untuk menyerah, sebab kesuksesan hampir saja tiba di depan mata! (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini